alexametrics

Demonstran Hong Kong Gelar Aksi di Dalam Mall

loading...
Demonstran Hong Kong Gelar Aksi di Dalam Mall
Puluhan demosntran Hong Kong menggelar aksi pro demokrasi di dalam mall. Foto/Youtube
A+ A-
HONG KONG - Puluhan pengunjuk rasa Hong Kong melakukan aksi demonstrsi di sebuah pusat perbelanjaan pada Jumat (5/6/2020). Mereka meneriakkan slogan-slogan pro demokrasi sehari setelah ribuan orang menentang larangan polisi untuk menyalakan lilin guna memperingati tragedi Tiananmen di China tahun 1989.

Dikutip dari Reuters, para pengunjuk rasa dari segala usia bergabung dengan pawai di jantung distrik keuangan kota, yang berakhir dengan damai setelah satu jam.

Beberapa demonstran memegang spanduk bertuliskan "Kemerdekaan Hong Kong" dan "Bebaskan Hong Kong, revolusi zaman kita," serta bekas bendera kolonial Inggris, sementara yang lain meneriakkan "Kemuliaan bagi Hong Kong", yang menjadi "lagu kebangsaan" aksi protes.



Peringatan tragedi saat pasukan China menembaki demonstran yang dipimpin oleh mahasiswa di dan sekitar Lapangan Tiananmen sangat sensitif dilakukan pada tahun ini. Pasalnya, China akan memberlakukan undang-undang keamanan nasional untuk pusat keuangan di Asia itu.

Ini adalah pertama kalinya dalam 31 tahun bentrokan singkat mengganggu apa yang biasanya merupakan hari khusyuk di Hong Kong yang dikuasai China, yang secara tradisional menyelenggarakan peringatan terbesar di dunia untuk tragedi itu.

"Petugas tidak akan campur tangan jika pengunjuk rasa tidak memblokir jalan di distrik kelas pekerja Mong Kok," kata polisi di Twitter. Mereka sebelumnya telah menolak permohonan peringatah karena khawatir dengan penyebaran virus Corona.
(ber)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak