Ini Kapal Monster China yang Ditakuti Filipina

Senin, 08 Juli 2024 - 17:20 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2016, pengadilan internasional di Den Haag memenangkan Filipina dalam sengketa penting, yang menyimpulkan bahwa China tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim hak bersejarah atas sebagian besar Laut China Selatan.

Namun Beijing mengabaikan keputusan tersebut. Sebaliknya, China justru semakin memaksakan klaim teritorial maritimnya, dengan kapal-kapal Penjaga Pantai China – yang diperkuat oleh kapal-kapal milisi – terlibat dalam berbagai bentrokan selama setahun terakhir yang telah merusak kapal-kapal Filipina dan menyebabkan para pelaut Filipina terluka oleh meriam air.

Bentrokan di dekat Second Thomas Shoal pada bulan Juni menyebabkan petugas penjaga pantai China mengacungkan kapak dan alat tajam atau runcing lainnya ke arah tentara Filipina dan menebas perahu karet mereka. Seorang tentara Filipina kehilangan jempolnya selama konfrontasi tersebut.

"CCG-5901 tidak terlibat dalam insiden itu tetapi telah berkeliaran di wilayah ZEE Filipina sejak itu," kata Ray Powell, pakar Laut China Selatan dan direktur SeaLight di Pusat Inovasi Keamanan Nasional Gordian Knot di Universitas Stanford, dilansir CNN.

“Segera setelah kebuntuan dramatis di Second Thomas Shoal… Monster tersebut mengunjungi hampir setiap pos terdepan Filipina dan fitur-fitur utama di Laut China Selatan,” kata Powell.

Powell dan analis lainnya mengatakan intimidasi adalah salah satu tugas utama CCG-5901, yang lebih besar dari kapal penjaga pantai biasa di dunia (kapal pemecah es khusus Penjaga Pantai AS lebih besar) dan bahkan berukuran lebih besar dari kapal perusak Angkatan Laut AS.



Kapal perusak kelas Arleigh Burke berbobot 9.700 ton atau kurang dan sekitar 35 kaki lebih pendek dari CCG-5901.

Kapal Pemotong Keamanan Nasional milik Penjaga Pantai AS, berbobot 4.500 ton, sepertiga dari ukuran CCG-5901.

Dalam perbandingan daya tembak, CCG-5901 juga lebih baik daripada kapal pemotong AS, dengan dua senjata utama kaliber 76,2 milimeter dibandingkan dengan satu senjata utama kaliber 57 milimeter di kapal AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)