Ini Kapal Monster China yang Ditakuti Filipina

Senin, 08 Juli 2024 - 17:20 WIB
loading...
Ini Kapal Monster China...
Kapal penjaga pantai China memiliki kapal monstren yang ditakuti Filipina. Foto/CNN
A A A
MANILA - China menambatkan salah satu dari dua kapal penjaga pantai “monster” miliknya di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina pekan lalu dalam apa yang disebut oleh pejabat Filipina sebagai tindakan “intimidasi” dalam sengketa wilayah yang sedang berlangsung antara Beijing dan Manila di Laut China Selatan. .

Juru bicara Penjaga Pantai Filipina Jay Tarriela mengatakan kapal Penjaga Pantai China CCG-5901 berlabuh di dekat Sabina Shoal di Kepulauan Spratly, 130 kilometer barat laut pulau Palawan di Filipina pada tanggal 3 Juli, jauh di dalam ZEE Manila sepanjang 230 mil.

Dengan bobot berbobot 12.000 ton dan panjang 541 kaki, CCG-5901 berukuran tiga kali lebih besar dari kapal patroli utama Penjaga Pantai Amerika Serikat, National Security Cutters – yang membuat banyak pengamat menyebut kapal China tersebut sebagai “The Monster.”

Saat berada di Sabina Shoal, kapal China berlabuh dalam jarak 800 yard dari salah satu kapal terbaru dan terbesar Penjaga Pantai Filipina yang sebelumnya dikerahkan ke wilayah tersebut, kata Tarriela dalam sebuah pos di X.

CCG-5901 berukuran lima kali lebih besar dari kapal Filipina, BRP Teresa Magbanua.

“Ini adalah intimidasi dari pihak Penjaga Pantai Tiongkok,” kata Tarriela dalam sebuah forum pada hari Sabtu, menurut laporan Reuters.

Namun dia mengatakan Filipina tidak akan menarik kembali klaimnya di Laut Cina Selatan.

“Kami tidak akan mundur, dan kami tidak akan terintimidasi,” tambah Tarriela.

CNN telah meminta pihak berwenang China untuk mengomentari klaim Filipina.

China mengklaim “kedaulatan yang tak terbantahkan” atas hampir seluruh Laut Cina Selatan, dan sebagian besar pulau serta gundukan pasir di dalamnya, termasuk banyak wilayah yang berjarak ratusan mil dari daratan China. Berbagai negara, termasuk Manila, memiliki klaim yang saling bersaing.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)