alexametrics

China: Perang dengan AS Akan Jadi Bencana Dunia

loading...
China: Perang dengan AS Akan Jadi Bencana Dunia
Menteri Pertahanan China Wei Fenghe pidato di Shangri-La Dialogue di Singapura, Minggu (2/6/2019). Foto/REUTERS
A+ A-
SINGAPURA - Menteri Pertahanan China Wei Fenghe pada hari Minggu (2/6/2019) mengatakan perang dengan Amerika Serikat (AS) akan menjadi bencana bagi dunia. Wei mengatakan hal itu sebagai peringatan bagi Washington untuk tidak ikut campur dalam masalah Taiwan dan Laut China Selatan.

China telah marah terkait langkah-langkah terbaru pemerintahan Presiden AS Donald Trump yang meningkatkan dukungan bagi kubu berkuasa di Taiwan. Langkah Washington itu termasuk pelayaran kapal perang Angkatan Laut AS melalui Selat Taiwan yang memisahkan pulau itu dari daratan China.

Berbicara di Shangri-La Dialogue di Singapura, sebuah forum pertemuan puncak pertahanan Asia, Wei mengatakan China akan "bertarung sampai akhir" jika ada yang mencoba mengganggu hubungannya dengan Taiwan, yang Beijing anggap sebagai wilayah suci yang akan diambil secara paksa jika perlu.



Wei—menteri pertahanan pertama China yang berbicara di Shangri-La Dialogue sejak 2011—mengatakan operasi militer Beijing di Asia semata-mata ditujukan untuk pertahanan diri, tetapi tidak akan ragu untuk membalas serangan terhadap kepentingannya.

"China tidak akan menyerang kecuali kami diserang," kata Wei, memperingatkan bahwa akan ada konsekuensi yang mengerikan terhadap bentrokan antara China dan Amerika Serikat.

"Kedua pihak menyadari bahwa konflik, atau perang di antara keduanya, akan membawa bencana bagi kedua negara dan dunia," ujarnya seperti dikutip Reuters.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara lain, tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan, tetapi merupakan pendukung dan sumber utama senjata bagi wilayah tersebut.

Pada hari Sabtu, Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan mengatakan pada forum Shangri-La bahwa Amerika Serikat tidak akan lagi "berjingkat-jingkat" tentang perilaku China di Asia.

Pidato Shanahan kritis terhadap China, namun nadanya berdamai. Wei justru mengambil pendekatan yang lebih agresif.

"Tidak ada upaya untuk memecah China yang akan berhasil. Setiap gangguan dalam masalah Taiwan akan gagal," kata Wei, yang mengenakan seragam jenderalnya.

"Jika ada yang berani memisahkan Taiwan dari China, militer China tidak punya pilihan selain melawan apa pun...AS tidak dapat dibagi, dan begitu pula China. China harus, dan akan, dipersatukan kembali."

Hubungan China dan AS menjadi semakin tegang karena perang dagang yang sengit, dukungan AS untuk Taiwan dan pamer kekuatan militer China di Laut China Selatan, di mana Amerika Serikat juga melakukan patroli kebebasan navigasi.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak