Bikin Panas, Militer China Latihan Pendaratan di Laut China Selatan

loading...
Bikin Panas, Militer China Latihan Pendaratan di Laut China Selatan
Kapal pendarat berbantalan udara Tipe 726 "Kuda Liar" (kiri) bersama kapal transportasi amfibi Type 071 (kanan). Foto/trumpeter-china.com
BEIJING - China telah merilis rekaman militernya yang melakukan latihan pendaratan bersama di Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan.

Rekaman video itu muncul hanya beberapa hari setelah operasi pengintaian Amerika Serikat (AS) dan latihan militer Taiwan yang mensimulasikan serangan China daratan di terumbu karangnya.

“Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China daratan mengirim angkatan laut, angkatan darat dan korps marinir serta pasukan angkatan udara untuk terlibat latihan perang di sekitar Pulau Triton, Kepulauan Paracel, untuk mengeksplorasi taktik dan metode perang gabungan,” papar laporan stasiun penyiaran negara CCTV.

Bikin Panas, Militer China Latihan Pendaratan di Laut China Selatan


Baca juga: AS Uring-uringan dengan Penyelidikan Kejahatan Perang ICC di Palestina



Kepulauan Paracel juga diklaim Vietnam dan Taiwan. Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat telah sering melakukan operasi "kebebasan navigasi" di wilayah tersebut, paling baru bulan lalu.

Baca juga: Arab Saudi Luncurkan Kampanye Baru Melawan Ikhwanul Muslimin

Laporan CCTV menunjukkan beberapa kapal pendarat berbantalan udara Tipe 726 "Kuda Liar" keluar dari kapal transportasi amfibi Type 071 dan bergegas ke pantai, masing-masing dengan tank tempur utama Tipe 96A dan tentara korps marinir bersenjata lengkap di dalamnya.

Lihat infografis: 2.882 Tentara Azerbaijan Tewas dalam Perang Nagorno-Karabakh

Kapal perusak berpeluru kendali Tipe 052D, kapal fregat berpeluru kendali Tipe 054A dan kapal pendukung menjaga lepas pantai, sementara pesawat tempur Su-30MKK dan pembom H-6K menyediakan perlindungan udara.



Dalam skenario untuk latihan penyerangan, pasukan korps marinir PLA mendarat dari kapal dan helikopter, kemudian menghadapi tembakan perlawanan yang kuat sebelum tim tank mengirimkan kendaraan ke depan dan menghancurkan bunker musuh.

Laporan tersebut tidak menyebutkan secara spesifik waktu pelaksanaannya, namun dikatakan bahwa itu dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

Tayangan itu disiarkan setelah PLA memulai latihan militer selama sebulan di Laut China Selatan pada Senin, saat Amerika Serikat telah meningkatkan operasi pengintaian.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top