alexametrics

Disebut Tidak Siap Bertemu Putin, Trump Sembur Eks Menlu AS

loading...
Disebut Tidak Siap Bertemu Putin, Trump Sembur Eks Menlu AS
Presiden AS, Donald Trump, mengecam pernyataan mantan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson yang menyebutnya tidak siap saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengecam mantan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson atas pernyataannya kepada anggota parlemen. Tillerson mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin lebih siap ketimbang Trump saat keduanya bertemu pada tahun 2017 lalu.

"Rex Tillerson, seorang pria yang 'bodoh seperti batu' dan tidak siap serta tidak komprehensif untuk menjadi Menteri Luar Negeri, mengarang cerita (dia dipecat) bahwa saya tidak siap oleh Vladimir Putin pada sebuah pertemuan di Hamburg, Jerman," cuit Trump.

"Kurasa Putin tidak akan setuju. Lihat bagaimana keadaan AS!" imbuhnya seperti dikutip dari The Hill, Kamis (23/5/2019).



Trump menunjuk Tillerson sebagai menteri luar negeri pada awal pemerintahannya, dan memecatnya pada Maret 2018 di tengah berbagai bentrokan mengenai kebijakan luar negeri AS.

The Washington Post melaporkan bahwa Tillerson menghabiskan pertemuan selama berjam-jam dengan Komite Urusan Luar Negeri DPR AS pada hari Selasa, di mana ia memberikan wawasan tentang strategi kebijakan luar negeri presiden.

Tillerson mengatakan kepada panel bahwa Putin lebih siap dibanding Trump selama pertemuan di Hamburg. Ia percaya ada banyak yang harus dilakukan AS untuk menghadapi Rusia.

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders muncul di "New Day" CNN beberapa saat setelah Trump mentweet tentang Tillerson, dan membela persiapan Trump untuk pertemuan dengan Putin di Jerman serta hasilnya.

Namun, dia tidak langsung menjawab, ketika ditanya mengapa Trump menominasikan seseorang yang sejak saat itu dicemoohnya sebagai "bodoh seperti batu" dan "tidak komprehensif" untuk pekerjaan itu.

Kicauan Trump itu menandai sinyal terbaru dalam hubungan sengit antara Trump dan mantan diplomat topnya.

Tillerson dilaporkan menyebut presiden sebagai "orang tolol" saat bertugas dalam pemerintahan, yang semakin menegangkan hubungan mereka. Trump kadang-kadang meremehkan Menteri Luar Negeri AS saat itu dalam pembicaraan dengan Korea Utara dan masalah lainnya sebelum memecatnya.

Pada bulan Desember, Tillerson mengkritik presiden selama acara penggalangan dana di Houston, mengatakan Trump tidak disiplin dan akan menyarankan mengambil tindakan yang akan melanggar hukum.

Trump membalas beberapa saat kemudian, menyebut Tillerson "bodoh seperti batu" dan "malas sekali."

Trump telah berulang kali mempertahankan sikapnya terhadap Rusia, sejalan dengan alasan bahwa tidak ada pemerintahan yang lebih keras terhadap Kremlin dan bahwa akan bermanfaat untuk bergaul dengan Moskow.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak