Putin Akui Kemerdekaan Donetsk dan Luhansk, Trump: Itu Jenius!

Kamis, 24 Februari 2022 - 07:49 WIB
loading...
Putin Akui Kemerdekaan Donetsk dan Luhansk, Trump: Itu Jenius!
Mantan presiden AS Donald Trump sebut langkah Presiden Rusia Vladimir Putin jenius setelah mengakui dua wilayah Ukraina, Donetsk dan Luhansk, sebagai negara merdeka. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji langkah Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui dua wilayah Ukraina timur, Donetsk dan Luhansk, sebagai negara merdeka. Dia menyebutnya sebagai langkah jenius.

Trump membuat pernyataannya saat tampil di “The Clay Travis and Buck Sexton Show” pada hari Selasa waktu Washington

Ketika ditanya tentang Rusia yang mengakui kedua negara baru yang memisahkan diri dari Ukraina itu, Trump terang-terangan memuji Putin.

"Saya masuk kemarin dan ada layar televisi," kata Trump. "Dan saya berkata, 'Ini jenius'," ujarnya, seperti dikutip dari Sputniknews, Kamis (24/2/2022).

"Putin menyatakan sebagian besar [wilayah] Ukraina—Ukraina. Putin menyatakannya sebagai merdeka. Oh, itu luar biasa," kata Trump.



“Jadi, Putin sekarang mengatakan, ‘Ini merdeka', sebagian besar Ukraina. Saya berkata, 'Seberapa pintar itu?' Dan dia akan masuk dan menjadi penjaga perdamaian. Itu pasukan perdamaian terkuat," papar Trump.

"Itu pasukan perdamaian terkuat yang pernah saya lihat. Ada lebih banyak tank tentara daripada yang pernah saya lihat. Mereka akan menjaga perdamaian baik-baik saja. Tidak, tapi pikirkanlah. Inilah seorang pria yang sangat cerdas...Saya mengenalnya dengan sangat baik. Sangat amat baik," imbuh pendahulu Presiden Joe Biden tersebut.

Kemudian dalam wawancara, Trump menyuarakan keyakinannya bahwa jika dia masih presiden, situasi di Ukraina akan berbeda karena hubungan pribadinya dengan Putin dan sikap kuat Putin.

“Ini tidak akan pernah terjadi jika kami ada di sana. Tapi dia melakukannya. Kenapa semua ini tidak terjadi selama pemerintahan Trump? Saya sangat mengenal Putin. Saya bergaul dengan dia hebat. Dia menyukai saya. Saya menyukainya. Maksud saya, Anda tahu, dia kue yang keras, memiliki banyak pesona dan banyak kebanggaan. Tapi cara dia—dan dia mencintai negaranya, Anda tahu? Dia mencintai negaranya. Dia bertindak sedikit berbeda menurut saya sekarang," lanjut Trump.

Pernyataan Trump mendapat tanggapan dari Gedung Putih.

Jen Psaki, juru bicara Gedung Putih, mengatakan pada konferensi pers beberapa jam kemudian: “Sebagai masalah kebijakan, kami mencoba untuk tidak menerima saran dari siapa pun yang memuji Presiden Putin dan strategi militernya, yang saya yakini adalah apa yang terjadi di sana.”

Psaki juga memperjuangkan taktik Presiden AS Joe Biden mengenai situasi di Ukraina, atas saran Trump.

“Jadi ada sedikit taktik yang berbeda, sedikit pendekatan yang berbeda, dan mungkin itulah mengapa Presiden Biden, dan bukan pendahulunya, mampu menggalang dunia dan komunitas global dalam mengambil langkah-langkah melawan agresi Rusia,” katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)