Kremlin Bereaksi Keras, Bantah Putin Izinkan Operasi Menangkan Trump

Jum'at, 16 Juli 2021 - 16:38 WIB
loading...
Kremlin Bereaksi Keras, Bantah Putin Izinkan Operasi Menangkan Trump
Kremlin membantan Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi memenangkan Donald Trump dalam pilpres AS 2016 lalu. Foto/Forbes
A A A
MOSKOW - Kremlin bereaksi keras terhadap serangkaian klaim, yang didukung oleh sumber anonim dan tidak dapat diverifikasi, bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pejabat keamanannya untuk mendukung kampanye Donald Trump untuk menjadi presiden Amerika Serikat (AS).

"Ini benar-benar fiksi," kata Dmitry Peskov, juru bicara Putin mengecam laporan tersebut,dalam komentar yang dibuat secara eksklusif untuk Russia Today pada Kamis malam.

“Sebenarnya, itu benar-benar omong kosong. Tentu saja, ini adalah ciri dari publikasi yang benar-benar berkualitas rendah. Entah surat kabar itu mencoba meningkatkan popularitasnya atau tetap berpegang pada garis Russophobic yang fanatik,” sambungnya seperti dikutip dari kantor berita yang berbasis di Rusia itu, Jumat (16/7/2021).

Artikel tersebut, yang ditulis oleh jurnalis Inggris Luke Harding dan dua staf lainnya di outlet tersebut, mengklaim bahwa Putin secara pribadi telah mengizinkan operasi agen mata-mata rahasia untuk mendukung Donald Trump yang “tidak stabil secara mental” dalam pemilihan presiden AS 2016 lalu, selama sesi tertutup Dewan Keamanan Nasional Rusia.

Artikel itu konon didasarkan pada apa yang dinilai sebagai dokumen Kremlin yang bocor.

Menurut artikel itu, pejabat tinggi Kremlin sepakat bahwa mendorong Trump ke Gedung Putih akan membantu mengamankan tujuan strategis Moskow, di antaranya mendorong “kekacauan sosial” di AS dan melemahnya posisi negosiasi presiden Amerika. Ini terlepas dari keadaan hubungan yang sering retak antara kedua negara dan pengenaan sanksi selama masa presiden dari Partai Republik itu berkuasa di Gedung Putih.



“Tentu semua ini tidak sesuai dan tidak mungkin berdasarkan kebenaran. Itu pada dasarnya tidak benar,” tegas Peskov.

“Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjelek-jelekkan Rusia dan Putin, yang The Guardian suka lakukan dari waktu ke waktu, atau ini adalah upaya putus asa untuk menarik beberapa pembaca baru dengan menerbitkan kisah semacam itu,” ia menambahkan.

Masa kepresidenan Trump diganggu oleh serangkaian tuduhan "Gerbang Rusia", dengan lawan sering bersikeras bahwa dia bersekutu dengan Kremlin, atau bahkan bahwa dia adalah "agen tidur" Rusia. Terlepas dari klaim tersebut, tidak ada bukti yang jelas tentang pengaruh yang tidak semestinya yang pernah disajikan, yang menghubungkannya dengan Moskow, dan banyak penyelidikan gagal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)