5 Negara Asia dengan Angkatan Laut Terkuat, Indonesia Patut Bangga

Senin, 17 Juni 2024 - 21:50 WIB
loading...
A A A
Kapal tempur permukaan canggih, kapal selam, dan kapal serbu amfibi Angkatan Laut Republik Korea berkontribusi pada kemampuannya untuk melindungi kepentingannya dan menjaga stabilitas regional. Skor TVR-nya 122,9.

Angkatan Laut Korea Selatan memiliki sekitar 70.000 personel angkatan laut aktif dan armada sekitar 150 kapal. Mengoperasikan sekitar 70 pesawat, termasuk helikopter, angkatan laut ini terkenal dengan keserbagunaannya. Armadanya terdiri dari dua pengangkut helikopter, 12 kapal perusak, 12 fregat, 11 korvet, dan 18 kapal selam.


4. Angkaran Laut Jepang

5 Negara Asia dengan Angkatan Laut Terkuat, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) merupakan angkatan laut terkuat di ASia. Mereka memiliki armada tangguh yang didukung teknologi canggih.

Fokus Jepang pada pertahanan maritim, termasuk kapal perusak helikopter, kapal perusak yang dilengkapi Aegis, dan kapal selam modern, memungkinkan Jepang melindungi kepentingannya secara efektif dan berkontribusi terhadap stabilitas regional. Skor TVR-nya 121,3.

Angkatan Laut Jepang memiliki sekitar 51.000 personel angkatan laut aktif dan armada lebih dari 150 kapal, termasuk 21 kapal pendukung. Mengoperasikan sekitar 350 pesawat angkatan laut, termasuk F-35B yang siluman, angkatan laut ini merupakan kekuatan yang tangguh di kawasan Asia-Pasifik.

Armadanya terdiri dari dua kapal induk ringan, dua kapal induk helikopter, 26 kapal perusak, 10 fregat, 6 korvet, dan 19 kapal selam.

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang memulai perjalanannya pada tanggal 1 Juli 1954

5. Angkaran Laut India

5 Negara Asia dengan Angkatan Laut Terkuat, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

Dengan kombinasi yang seimbang antara ukuran armada dan kecakapan teknologi, Angkatan Laut India menempati posisi yang unggul. Angkatan Laut India telah mengalami modernisasi dan perluasan yang signifikan, memperoleh kapal perang dan kapal selam yang canggih. Pengaruh regionalnya di Samudera Hindia dan kemampuan proyeksi kekuatannya menjadikannya pemain kunci dalam domain maritim. Skor TVR-nya 99,1.

Melansir Fairbd, Angkatan Laut India memiliki sekitar 68.000 personel angkatan laut aktif dan armada sekitar 300 kapal, termasuk 150 kapal pendukung. Angkatan Laut India mengoperasikan sekitar 300 pesawat angkatan laut, termasuk MiG-29 sebagai jet tempur berbasis kapal induk. Armadanya mencakup dua kapal induk, 10 kapal perusak, 13 fregat, 23 korvet, dan 20 kapal selam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)
pixels