Spanyol, Irlandia dan Norwegia Akui Negara Palestina, Apa Dampaknya bagi Israel?

Kamis, 23 Mei 2024 - 15:40 WIB
loading...
A A A
Selain itu, langkah ini menambah pentingnya isu Timur Tengah menjelang pemilu Parlemen Eropa pada 6-9 Juni.

Menguatnya Dukungan Palestina

Spanyol, Irlandia dan Norwegia Akui Negara Palestina, Apa Dampaknya bagi Israel?

Foto/Reuters

Tekanan diplomatik terhadap Israel semakin meningkat ketika pertempuran dengan Hamas memasuki bulan kedelapan. Majelis Umum PBB memberikan suara dengan selisih yang signifikan pada tanggal 11 Mei untuk memberikan “hak dan keistimewaan” baru kepada Palestina sebagai tanda meningkatnya dukungan internasional terhadap pemungutan suara mengenai keanggotaan penuh dalam pemungutan suara. Otoritas Palestina saat ini berstatus pengamat.

Para pemimpin Spanyol, Irlandia, Malta dan Slovenia mengatakan pada bulan Maret bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk mengakui negara Palestina sebagai “kontribusi positif” dalam mengakhiri perang.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez mengatakan pada hari Rabu, “Pengakuan ini tidak merugikan siapa pun, tidak merugikan rakyat Israel,” katanya. “Ini adalah tindakan yang mendukung perdamaian, keadilan dan konsistensi moral.”

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide mengatakan kepada Associated Press bahwa meskipun negara tersebut telah mendukung pembentukan negara Palestina selama beberapa dekade, pengakuan adalah “kartu yang dapat Anda mainkan sekali saja.”

“Dulu kami berpikir bahwa pengakuan akan datang pada akhir sebuah proses,” katanya. “Sekarang kami menyadari bahwa pengakuan seharusnya menjadi sebuah dorongan, sebagai penguatan sebuah proses.”

Memberikan Legitimasi Internasional

Meskipun banyak negara telah mengakui negara Palestina, namun belum ada satu pun negara besar di Barat yang mengakui hal tersebut, dan tidak jelas seberapa besar dampak yang akan ditimbulkan dari tindakan ketiga negara tersebut.

Meski begitu, pengakuan mereka akan menandai pencapaian yang signifikan bagi Palestina, yang percaya bahwa hal ini memberikan legitimasi internasional atas perjuangan mereka. Norwegia mengatakan akan meningkatkan kantor perwakilannya untuk Palestina menjadi kedutaan besar tetapi tidak jelas apa yang akan dilakukan Irlandia dan Spanyol.

Kemungkinan besar hanya sedikit perubahan yang akan terjadi dalam jangka pendek. Perundingan perdamaian terhenti, dan pemerintah garis keras Israel semakin menentang pendirian negara Palestina.

Israel Memilih Menarik Duta Besarnya

Spanyol, Irlandia dan Norwegia Akui Negara Palestina, Apa Dampaknya bagi Israel?

Foto/Reuters
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)