Siapa Alice Guo? Wali Kota Bamban yang Dituding sebagai Mata-mata China

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A

Terjebak dalam Skandal Geopolitik

Kasus Guo terungkap ketika ketegangan antara Manila dan Beijing mengenai terumbu karang dan singkapan di Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya alam memanas.

Dia diketahui memiliki setengah dari tanah tempat Pogo berdiri, tepat di belakang kantornya. Dia mengklaim dia menjual properti itu sebelum dia mencalonkan diri sebagai walikota dua tahun lalu.

Video dari kompleks seluas hampir delapan hektar itu menunjukkan bahwa di dalamnya terdapat toko kelontong, gudang, kolam renang, dan bahkan gudang anggur. Para pekerja pusat penipuan bekerja keras di deretan meja putih panjang dengan komputer.

Guo juga diketahui memiliki sebuah helikopter dan sebuah Ford Expedition yang terdaftar atas namanya, namun seperti tanahnya, menurutnya, keduanya telah lama dijual.

Setelah sidang senat, Senator Risa Hontiveros bertanya apakah Guo adalah "aset" China berdasarkan jawaban "tidak jelas" terhadap pertanyaan tentang latar belakang pribadi dan bisnisnya.

Pada Kamis malam, Presiden Marcos menambah kekhawatirannya atas kasus Guo.

"Tidak ada yang mengenalnya. Kami bertanya-tanya dari mana asalnya, itu sebabnya kami menyelidiki hal ini, bersama dengan Biro Imigrasi, karena pertanyaan tentang kewarganegaraannya," kata Marcos kepada wartawan Kamis malam.

Guo mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia "bukan orang yang suka memanjakan, bukan pelindung Pogos".

Sedikit yang diketahui tentang latar belakangnya, hal ini tidak biasa terjadi di pedesaan Filipina, di mana pejabat lokal sering berafiliasi dengan dinasti politik. Dia baru menjalani masa jabatan pertamanya sebagai pejabat terpilih.

KPU menyebut dia mendaftar sebagai pemilih di Bamban pada 2021, atau satu tahun sebelum mencalonkan diri dan menang sebagai Wali Kota.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)