Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Senin, 24 Agustus 2020 - 05:30 WIB
loading...
Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia
Whistleblower lazim disematkan kepada mereka yang mengungkap aib demi penegakan hukum. Mereka mempertaruhkan karier dan keselamatannya demi menguak tabir gelap yang selama ini ditutup rapat. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
WHISTLEBLOWER lazim disematkan kepada mereka yang bersedia mengungkap aib suatu instansi, organisasi atau lembaga negara ke hadapan publik demi penegakan hukum . Mereka mempertaruhkan karier dan keselamatannya demi menguak tabir gelap yang selama ini ditutup rapat. (Baca juga: 6 Kebocoran Dokumen Rahasia Negara yang Gemparkan Dunia)

Berikut sejumlah orang pengungkap rahasia paling terkenal sepanjang sejarah. (Baca juga: Skandal Seks yang Menjerat Bos-bos Perusahaan Teknologi Dunia)

1. Li Wenliang
Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Dokter Li Wenliang menjadi topik pembicaraan setelah mengungkap dan meninggal karena virus korona atau covid 19. Dokter Li membocorkan hasil pemeriksaan pasien yang mengalami SARS, dengan jenis coronavirus yang harus diteliti lebih lanjut.

Kematian dokter Li karena covid 19 mendapat berbagai reaksi dari masyarakat. Ada yang menganggapnya pahlawan, ada juga yang menyesalkan terbatasnya kebebasan berpendapat di China.

Dokter berusia 34 tahun itu sempat mendapat perlakuan tidak menyenangkan setelah membocorkan kasus coronavirus. Oleh otoritas berwajib, Li dianggap menyebarkan hoax tentang virus korona beberapa pekan sebelum Kota Wuhan dikarantina. (Baca juga: Tragis, Dokter China Whistleblower Virus Corona Meninggal)

2. Edward Snowden
Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Salah satu pembocor rahasia negara yang terkenal adalah Edward Snowden . Pria berkacamata tersebut saat ini bersembunyi di Rusia karena negara kelahirannya, Amerika Serikat, menganggap dia sebagai pengkhianat.

Tuduhan tersebut bermula dari skandal penyadapan oleh NSA yang dibeberkannya kepada wartawan. Para pendukung Snowden di AS berupaya mendorong pemberian grasi baginya menjelang lengsernya mantan Presiden Barack Obama.

Sayang, Obama menolak memberikan pengampunan kepada Snowden. Kehadiran orang-orang seperti Snowden memang menimbulkan polemik. Di satu sisi, mereka dipandang sebagai pahlawan, tetapi di sisi lain mereka dianggap sebagai pengkhianat. (Baca juga: Trump Pertimbangkan Ampuni Snowden)

3. Mark Felt
Kisah Heroik 11 Whistleblower Membongar Kotak Pandora Skandal Besar Dunia

Felt adalah whistleblower paling terkenal sepanjang masa. W Mark Felt atau lebih dikenal dengan sebutan Deep Throat adalah pembocor rahasia kejahatan presiden AS Richard Nixon selama bertahun-tahun.

Nixon pernah diduga terlibat dalam berbabagi operasi ilegal dan kekerasan. Felt mengungkap semuanya lewat bantuan media, the Washington Post dengan dua wartawannya yang terkenal Mark Woodward Carl Bernstein. Peristiwa ini dikenal dengan skandal Watergate.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)