Jelang Pelantikan Presiden Baru, Taiwan Siaga Perang!

Rabu, 01 Mei 2024 - 19:30 WIB
loading...
A A A
“Selain itu, pesawat pengisian bahan bakar dalam penerbangan juga digunakan selama patroli kesiapan tempur bersama untuk memperpanjang waktu pesawat tempur tetap berada di udara," kata Tsai.

"Kapal pendarat dan kapal penyapu ranjau juga terlihat bergabung dalam patroli ini," tambahnya. "Ini adalah pola baru untuk tahun ini."

Kementerian Pertahanan Taiwan terakhir kali melaporkan patroli kesiapan tempur China, di mana kapal perang dan pesawat tempur beroperasi bersama di langit dan perairan dekat Taiwan.

Pada tahun 2022, China melakukan latihan perang besar-besaran di dekat Taiwan setelah kunjungan AS ke Taipei. Ketua DPR Nancy Pelosi, dan tahun lalu setelah Presiden Tsai bertemu dengan Ketua DPR saat itu Kevin McCarthy saat singgah di California.

Sumber keamanan yang berbasis di Taiwan telah berulang kali memperingatkan China dapat menunjukkan ketidaksenangan mereka terhadap Lai dengan menggunakan militer.

Sejak kemenangan Lai dalam pemilu bulan Januari, China terus memberikan tekanan terhadap Taiwan, termasuk patroli penjaga pantai di dekat sekelompok pulau yang dikuasai Taiwan yang terletak di sebelah pantai China, dan membuka rute udara baru di Selat Taiwan yang menurut Taipei mengancam keselamatan penerbangan.

Namun Beijing juga telah menawarkan untuk melanjutkan, meskipun dalam bentuk terbatas, pariwisata China ke Taiwan, sebuah proposal yang masih dipertimbangkan oleh pemerintah di Taipei, karena pemerintah menginginkan dimulainya kembali kunjungan wisatawan China.

https://ekbis.sindonews.com/read/1366787/34/taiwan-kecam-china-soal-perubahan-rute-penerbangan-tanpa-konsultasi-bilateral-1714194288
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)