Kapal Perang AS Dekati Paracel Laut China Selatan yang Diklaim China

Senin, 07 Januari 2019 - 14:37 WIB
Kapal Perang AS Dekati Paracel Laut China Selatan yang Diklaim China
Kapal Perang AS Dekati Paracel Laut China Selatan yang Diklaim China
A A A
WASHINGTON - Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) tipe perusak bersenjata rudal terpandu mendekati Kepulauan Paracel di Laut China Selatan yang diklaim China. Operasi kapal itu berlangsung di saat Washington dan Beijing sedang dalam pembicaraan "gencatan senjata" dalam perang dagang yang sengit.

"(Kapal) USS McCampbell melakukan operasi kebebasan navigasi, berlayar dalam jarak 12 mil laut dari rantai Kepulauan Paracel, untuk menentang klaim maritim yang berlebihan," kata juru bicara Armada Pasifik AS Rachel McMarr dalam pernyataan via email, Senin (7/1/2019).

Menurut McMarr, operasi USS McCampbell bukan tentang satu negara atau untuk membuat pernyataan politik.

Pernyataan pejabat Angkatan Laut Amerika itu muncul ketika pembicaraan "gencatan senjata" perang dagang kedua negara sedang berlangsung di Beijing.

Pertemuan penting ini merupakan putaran pertama dari diskusi tatap muka sejak kedua belah pihak sepakat untuk "gencatan senjata" 90 hari dalam perang dagang yang telah mengguncang pasar internasional.

China mengklaim hampir seluruh kawasan Laut China Selatan. Namun, AS yang tak terlibat sengketa sering kali mengoperasikan kapal-kapal perangnya dengan dalih menegakkkan kebebasan navigasi di laut internasional.

Selain China, negara-negara Asia yang terlibat sengketa wilayah di Laut China Selatan antara lain Vietnam, Filipina, Brunei, Malaysia, dan Taiwan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)