Bagaimana Persiapan Sekutu AS Jika Donald Trump Menang pada Pemilu Presiden 2024?

Kamis, 25 April 2024 - 14:55 WIB
loading...
A A A
Pemerintahan Biden telah setuju untuk membantu Australia mengambil langkah pertama menuju pengembangan armada kapal selam bertenaga nuklir dengan menjual tiga hingga lima kapal selam serang kelas Virginia ke Canberra.

Rudd telah mendorong Canberra untuk bertindak cepat dalam memberlakukan undang-undang yang mendekatkan negara tersebut dengan standar pengendalian senjata AS dan membentuk badan keamanan nuklir khusus, dengan harapan hal ini akan membuat Trump lebih sulit membatalkan kesepakatan tersebut, kata sumber itu.

Kedutaan menolak berkomentar. Canberra tidak segera menanggapi permintaan komentar. Michael Shoebridge, dari Analisa Strategis Australia mengatakan kebijakan Trump “America First” masih bisa menggagalkan kesepakatan.

“Semua faktor yang bisa mempengaruhi Trump untuk mengatakan, 'Angkatan Laut AS tidak punya cukup, jadi Australia tidak punya',” kata pakar pertahanan itu.

Reuters tidak dapat menentukan pandangan Trump mengenai masalah ini. Dia belum menyampaikan kekhawatiran apa pun tentang kesepakatan itu selama masa kampanye.


6. Menggunakan Pelobi Washington

Bagaimana Persiapan Sekutu AS Jika Donald Trump Menang pada Pemilu Presiden 2024?

Foto/AP

Cara sederhana bagi sekutu AS untuk mempengaruhi Trump adalah melalui pelobi, terutama jika mereka ingin bersikap hati-hati.

Seorang mantan pejabat pemerintah Korea Selatan, yang sekarang berbasis di Washington, mengatakan pemerintahan Biden mengawasi pemerintah asing dengan cermat dan bahwa Seoul lebih suka memahami pemikiran Trump melalui melobi perusahaan-perusahaan secara “sembunyi-sembunyi”.

Distrik pelobi di Washington dipenuhi oleh warga Korea Selatan yang ingin memahami pandangan Trump mengenai perdagangan dan investasi, termasuk apa yang akan terjadi pada Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) yang diusung Biden, kata seorang pejabat pemerintah Korea Selatan.

Kementerian luar negeri Korea Selatan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan perwakilan lokalnya untuk mempersiapkan pemilu dan setelahnya, namun pihaknya belum mempekerjakan pelobi untuk kandidat tertentu.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)