12 Jet Tempur Andalan Prancis

Senin, 15 April 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Di sela-sela waktu tersebut, militer Prancis telah berulang kali menggunakannya dalam pertempuran di Timur Tengah. Misalnya, Super Étendards digunakan untuk menanggapi serangan teroris di Beirut pada tahun 1983.

Super Étendards juga digunakan sebagai bagian reguler dari pasukan sekutu yang mengambil bagian dalam operasi militer di Afghanistan setelah 9/11 serta keterlibatan militer tahun 2011 selama Perang Saudara Libya.

10. Dassault Super Mystère

12 Jet Tempur Andalan Prancis

Foto/Aero Corner

Jet tempur ini diproduksi pada tahun 1951 hingga 1957, Super Mystères pertama diturunkan dari Ouragans. Perubahan desain utama untuk Super Mystère adalah diperkenalkannya sayap menyapu.

Beberapa prototipe diproduksi, dengan Super Mystère melalui siklus produksi yang panjang secara keseluruhan. Dengan demikian, pesawat ini dapat dilihat sebagai transisi penting dari jet tempur Ouragan sebelumnya ke jet tempur Prancis generasi berikutnya.

Generasi berikutnya akan diwujudkan dalam penerusnya. Jika Super Mystère tidak dijual di luar negeri, negara seperti Israel akan membeli penggantinya, Mystère IV, yang dijelaskan di bawah.

11. Dassault Mystère IV

Sesuai dengan namanya, ini adalah varian dari lini Dassault Mystère yang pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 1950-an. Empat ratus sebelas dibangun, dengan Israel, sebagaimana disebutkan di atas, menjadi pelanggan utamanya.

Mystère IV digunakan dalam ketegangan perbatasan tahun 1956 antara Israel dan Mesir di sepanjang Semenanjung Sinai. Pesawat itu digunakan untuk misi tempur udara ke darat dan udara ke udara.

Mystère IV memainkan peran penting dalam superioritas udara Israel dan kemenangan akhir dalam Perang Enam Hari. Mereka terlibat dalam pertempuran udara ke darat serta pertempuran udara dengan pesawat MiG Mesir buatan Soviet.

12. Dassault Future Combat Air System

Meskipun Rafale dan Mirage 2000 digunakan saat ini, Sistem Udara Tempur Masa Depan sedang dirancang dengan tujuan untuk menggantikannya pada tahun 2030-an atau 40-an.

Ini dimaksudkan untuk menjadi pesawat tempur generasi keenam. Prancis bukan satu-satunya negara yang tertarik untuk mengembangkan pesawat tempur hipotetis ini, Jerman dan Prancis juga tertarik dengan nilai proyek tersebut.

Mengingat seberapa jauh masa depannya, rincian tentang pesawat tempur baru ini masih langka, dan sejauh ini hanya beberapa mockup yang telah dibuat. Namun konsep tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara Dassault dan penerbangan militer Prancis pasti akan terus berlanjut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)