12 Jet Tempur Andalan Prancis

Senin, 15 April 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Namun hal ini merupakan langkah berharga dalam memajukan program Dassault Mirage, seperti yang dicontohkan oleh perintah yang ditunjukkan di atas. Contoh lain dapat dilihat pada Mirage F2, yang mengambil desain dari Mirage G.

Mirage G juga disimpan di museum luar angkasa di seluruh Prancis. Satu dapat ditemukan di Musée de l’air et de l’espace di Paris, dan satu lagi dapat dilihat di Musée Européen de l’Aviation de Chasse di Montélimar.

6. Jet Alfa Dassault/Dornier

12 Jet Tempur Andalan Prancis

Foto/Aero Corner

Jet tempur ini merupakan proyek bersama, produk Dassault dan Dornier, perusahaan penerbangan Jerman. Pesawat ini dirancang sebagai pesawat latih dan juga jet tempur ringan.

Itu diproduksi pada pertengahan tahun 70an, dengan total 480 unit yang dibuat. Selain Angkatan Udara Prancis, Jet Alpha juga pernah digunakan di angkatan udara Prancis, Portugis, Thailand, Belgia, dan Kamerun.

Sebagian besar masa pakai pesawat ini adalah sebagai jet pelatihan. Pesawat ini juga menjadi jet tempur pilihan Patrouille de France, tim aerobatik Angkatan Udara Prancis.

7. Dassault Etendard IV

Ini adalah jet tempur bersejarah, yang telah dipensiunkan oleh militer Prancis pada tahun 2000. Meski begitu, jet ini memiliki banyak sejarah, diproduksi pada tahun 1950an dan menjadi jet buatan Prancis pertama yang kompatibel dengan kapal induk.

Étendard IV dirancang untuk menjadi pesawat serang angkatan laut. Selain itu, mampu digunakan sebagai pesawat pengintai. Étendard IV juga mampu mencapai kecepatan transonik.

Secara bertahap dihapuskan demi penggantinya, Étendard IV. Namun demikian, selama beberapa dekade kapal ini menjadi perlengkapan di geladak kapal induk kelas Clemenceau di Angkatan Laut Prancis.

8. Dassault Ouragan

12 Jet Tempur Andalan Prancis

Foto/Aero Corner

Ini adalah entri bersejarah lainnya dalam daftar ini. Pertama kali diproduksi pada tahun 1954, Ouragan adalah kombinasi pesawat tempur-pembom. Layanannya di Angkatan Udara Prancis berumur pendek, dan sebagian besar digantikan pada akhir dekade ini.

Namun hal ini tidak berarti bahwa ia tidak memiliki riwayat layanan yang luas di tempat lain. Hampir 600 unit diproduksi, dengan militer El Salvador, Israel, dan India semuanya membeli pesawat tersebut.

Israel khususnya memanfaatkan Dassault Ouragan dengan baik. Respons efektif Angkatan Udara Israel merupakan faktor penting dalam kemenangan Israel dalam Perang Enam Hari dan Perang Yom Kippur, dengan Dassault Ouragan yang aktif dalam setiap pertempuran.

9. Dassault-Breguet Super Étendard

Pesawat ini adalah contoh lain dari jet tempur yang diperkenalkan ke Angkatan Bersenjata Prancis pada tahun 1970an dengan catatan layanan yang jauh setelah itu, meskipun secara resmi pensiun pada tahun 2016.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)