Yordania Tembak Jatuh Drone dan Rudal Iran yang Serang Zionis, Raja Abdullah Bela Israel?

Senin, 15 April 2024 - 09:52 WIB
loading...
A A A
“Drone dan rudal yang memasuki wilayah udara kami tadi malam telah ditangani dan dikonfrontasi secara preventif tanpa membahayakan keselamatan warga negara kami serta daerah permukiman,” papar pernyataan pemerintah Yordania.

“Militer akan terus membela Yordania dari serangan apa pun di masa depan oleh pihak mana pun untuk membela bangsa, warga negaranya, dan wilayah udara serta wilayahnya,” tambah pemerintah Yordania.

Penjelasan resmi tersebut tidak meredakan kritik terhadap keterlibatan Yordania pada hari Minggu, yang secara tidak langsung justru melindungi Israel.

Demonstrasi besar-besaran pro-Palestina telah terjadi di Yordania sejak perang dimulai pada bulan Oktober, dan pihak berwenang seringkali memberikan tanggapan yang keras.

Tahun ini, Amnesty International mengkritik kerajaan Yordania karena menangkap lebih dari 1.000 pengunjuk rasa dan lainnya.

Pengguna media sosial membagikan meme penguasa Yordania, Raja Abdullah II, yang mengenakan seragam militer Israel.

Dalam postingan di X, Dima Khatib, direktur pelaksana AJ+, organisasi berita digital milik jaringan pan-Arab Al Jazeera, menyebut tindakan Yordania “mengejutkan.”

“Negara-negara sahabat merespons, bukan terhadap serangan pesawat, drone, dan rudal Israel terhadap Palestina, namun terhadap serangan yang menargetkan Israel,” tulis dia.

“Ada warga negara Arab yang mengambil tindakan untuk melindungi Israel dan menonton saja ketika orang-orang Palestina dibom,” ujar dia.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)