4 Serangan Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menghancurkan Israel

Minggu, 14 April 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya pada malam hari, juga dilaporkan bahwa radar rezim Zionis berada di bawah serangan peretas, yang memaksa penutupan wilayah udara di wilayah pendudukan.

Kelompok peretas Iran Hanzaleh Bammad mengaku bertanggung jawab atas hal tersebut, menerbitkan gambar dan menyatakan bahwa tindakan mereka merupakan respons terhadap serangan rezim Israel baru-baru ini terhadap konsulat Iran.


2. Gelombangan Serangan Drone

Sesaat sebelum tengah malam, Iran meluncurkan serangkaian drone dan rudal bunuh diri ke wilayah pendudukan Palestina, menunjukkan bahwa hari-hari ‘tabrak lari’ telah berakhir.

Sekitar pukul 23.00 waktu Iran, divisi kedirgantaraan IRGC secara resmi melancarkan operasi militer pembalasan terhadap rezim Zionis, melakukan setidaknya empat gelombang serangan pesawat tak berawak.

Gelombang pertama mencakup puluhan drone kamikaze Shahed-136, diperkirakan berjumlah sekitar 100 buah, yang gerombolannya juga terekam oleh rekaman kamera pribadi di Iran dan Irak.

Shahed-136 adalah amunisi berkeliaran berbentuk sayap delta, low-observable, dan low-signature dengan jangkauan 2.000 km yang membawa hulu ledak 50 kg.

Kendaraan udara tak berawak (UAV) jenis ini sebelumnya digunakan untuk menghancurkan markas teroris di wilayah utara Irak, namun baru kali ini Iran menggunakannya dalam jumlah besar dan jangkauan lebih dari 1.000 kilometer.

Shahed-136 menggunakan mesin piston buatan Iran dan memiliki kecepatan sekitar 200 km/jam, yang berarti memerlukan penerbangan sekitar lima jam sebelum tumbukan.

Setelah gelombang pertama, terjadi tiga serangan gelombang lagi dengan interval sekitar setengah jam, dan diperkirakan total 400 hingga 500 drone diluncurkan.

Media sosial ramai membicarakan serangan balasan Iran, dengan netizen memuji Iran karena menjalankan pembicaraan dan menepati janjinya dengan ‘Operasi Janji Sejati’.

3. Mengerahkan Rudal Balistik

Langkah selanjutnya dalam operasi militer balasan adalah peluncuran serangkaian rudal jelajah dan balistik, yang dilaporkan disertai dengan serangan drone dan rudal secara bersamaan oleh kelompok Poros Perlawanan dari Irak, Yaman dan Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)