4 Serangan Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menghancurkan Israel

Minggu, 14 April 2024 - 23:23 WIB
loading...
4 Serangan Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menghancurkan Israel
Iran menggunakan berbagai strategi dalam meluncurkan serangan untuk menyukseskan Operasi Janji Sejati. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Dalam sebuah pertunjukan menakjubkan atas kehebatan militernya yang fenomenal, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran melakukan operasi militer yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai tanggapan terhadap serangan teroris rezim Israel terhadap konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus pada tanggal 1 April.

Serangan balasan ini terjadi setelah dua minggu kesabaran strategis dan perencanaan yang cermat serta pelaksanaan yang sempurna, sehingga mengejutkan rezim dan pendukung Baratnya.

Serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus telah mengakibatkan tewasnya Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, komandan senior Pasukan Quds IRGC, wakilnya, Jenderal Mohammad Hadi Haji Rahimi, dan lima perwira militer lainnya.

Setelah serangan pengecut tersebut, yang melanggar hukum internasional dan Konvensi Wina, para pemimpin Iran berjanji akan memberikan “respon yang tegas” dengan menggunakan hak mereka untuk membela diri.

“Menanggapi berbagai kejahatan rezim Zionis, termasuk serangan terhadap bagian konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus dan matinya sejumlah komandan dan penasihat militer negara kita di Suriah, Divisi Dirgantara IRGC meluncurkan puluhan rudal dan drone terhadap sasaran tertentu. target di wilayah pendudukan,” pernyataan IRGC pada Minggu pagi.

Kementerian luar negeri Iran dalam pernyataan terpisah memperingatkan terhadap serangan lebih lanjut di wilayah Iran.

Terkait dengan itu, ‘Operasi Janji Sejati’, yang diluncurkan tepat sebelum tengah malam pada hari Sabtu dan berlanjut hingga dini hari pada Minggu pagi, membuat rezim tersebut lumpuh.

4 Serangan Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menghancurkan Israel

1. Serangan Dunia Maya

Melansir Press TV, berbagai serangan drone dan rudal didahului oleh serangkaian serangan peretasan terhadap jaringan listrik dan sistem radar rezim Zionis, yang menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran.

Pemadaman listrik besar-besaran dilaporkan terjadi di banyak distrik di Tel Aviv karena serangan siber besar-besaran terhadap infrastruktur listrik di sana, menurut laporan media.

Kelompok peretas "Cyber Av3ngers" Iran menerbitkan pernyataan yang mengaku bertanggung jawab atas pemadaman listrik di berbagai bagian wilayah pendudukan.

Kelompok tersebut menekankan bahwa mereka melakukan serangan siber dari selatan ke utara sebagai respons atas kejahatan rezim Zionis terhadap rakyat Palestina di Gaza.

Sebelumnya pada malam hari, juga dilaporkan bahwa radar rezim Zionis berada di bawah serangan peretas, yang memaksa penutupan wilayah udara di wilayah pendudukan.

Kelompok peretas Iran Hanzaleh Bammad mengaku bertanggung jawab atas hal tersebut, menerbitkan gambar dan menyatakan bahwa tindakan mereka merupakan respons terhadap serangan rezim Israel baru-baru ini terhadap konsulat Iran.


2. Gelombangan Serangan Drone

Sesaat sebelum tengah malam, Iran meluncurkan serangkaian drone dan rudal bunuh diri ke wilayah pendudukan Palestina, menunjukkan bahwa hari-hari ‘tabrak lari’ telah berakhir.

Sekitar pukul 23.00 waktu Iran, divisi kedirgantaraan IRGC secara resmi melancarkan operasi militer pembalasan terhadap rezim Zionis, melakukan setidaknya empat gelombang serangan pesawat tak berawak.

Gelombang pertama mencakup puluhan drone kamikaze Shahed-136, diperkirakan berjumlah sekitar 100 buah, yang gerombolannya juga terekam oleh rekaman kamera pribadi di Iran dan Irak.

Shahed-136 adalah amunisi berkeliaran berbentuk sayap delta, low-observable, dan low-signature dengan jangkauan 2.000 km yang membawa hulu ledak 50 kg.

Kendaraan udara tak berawak (UAV) jenis ini sebelumnya digunakan untuk menghancurkan markas teroris di wilayah utara Irak, namun baru kali ini Iran menggunakannya dalam jumlah besar dan jangkauan lebih dari 1.000 kilometer.

Shahed-136 menggunakan mesin piston buatan Iran dan memiliki kecepatan sekitar 200 km/jam, yang berarti memerlukan penerbangan sekitar lima jam sebelum tumbukan.

Setelah gelombang pertama, terjadi tiga serangan gelombang lagi dengan interval sekitar setengah jam, dan diperkirakan total 400 hingga 500 drone diluncurkan.

Media sosial ramai membicarakan serangan balasan Iran, dengan netizen memuji Iran karena menjalankan pembicaraan dan menepati janjinya dengan ‘Operasi Janji Sejati’.

3. Mengerahkan Rudal Balistik

Langkah selanjutnya dalam operasi militer balasan adalah peluncuran serangkaian rudal jelajah dan balistik, yang dilaporkan disertai dengan serangan drone dan rudal secara bersamaan oleh kelompok Poros Perlawanan dari Irak, Yaman dan Lebanon.

Operasi ini berhasil, meskipun setidaknya beberapa rudal balistik dilaporkan adalah Kheibar Shekan.

Kheibar Shekan adalah rudal balistik jarak menengah berbahan bakar padat dengan jangkauan 1.450 km dan hulu ledak setengah ton, terkenal karena kemampuan manuvernya yang tinggi pada tahap pendaratan.

Ada juga laporan bahwa rudal hipersonik Fattah juga digunakan, yang sulit untuk dinilai berdasarkan rekaman malam hari yang tersedia karena kecepatan terminalnya mirip dengan rudal balistik terbaru, serta apakah dan seberapa banyak mereka bermanuver.

Ketika Iran bersiap untuk melakukan serangan balasan terhadap rezim Israel, Iran memiliki berbagai macam rudal yang mampu menargetkan kota-kota jauh di dalam wilayah pendudukan.

4. Menarget Fasilitas Militer Israel

Teheran belum mengumumkan lokasi sasarannya, dan meskipun otoritas Zionis telah menghimbau masyarakat untuk tidak mempublikasikan video serangan Iran, lusinan video tersebut telah bocor di Internet, yang menunjukkan adanya serangan yang luas dan tepat.

Sebagaimana dinyatakan dengan tepat dalam analisis situs Press TV sebelumnya, sasaran utamanya adalah pangkalan militer rezim Zionis, dari Dataran Tinggi Golan hingga gurun Negev.

Scott Ritter, pakar militer AS, menyatakan di platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) bahwa setidaknya tujuh rudal hipersonik telah menghantam Pangkalan Udara Nevatim dan tidak ada yang berhasil dicegat.

Pangkalan udara ini terletak di gurun Negev dan menampung pesawat F-35 Zionis yang digunakan dalam serangan teroris terhadap konsulat Iran di Damaskus.

Beberapa rekaman kamera pribadi, yang diambil dari jarak jauh, menjadi saksi serangkaian serangan rudal balistik atau hipersonik yang cepat dan kuat, sekali lagi membuktikan kelemahan sistem pertahanan udara (militer) Israel yang terlalu dilebih-lebihkan, termasuk apa yang disebut Iran Dome. .

Pangkalan udara tersebut juga menampung unit F-15 dan F-16, serta gudang besar senjata bernilai miliaran dolar yang mahal, sehingga merupakan salah satu target utama serangan Iran.

Rekaman tersebut mengkonfirmasi bahwa Pangkalan Udara Ramon, pangkalan besar lainnya di Negev, juga terkena beberapa rudal, meninggalkan jejak kehancuran.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)