Prancis Bersiap Perang Melawan Rusia, Ini Persiapannya

Jum'at, 12 April 2024 - 20:20 WIB
loading...
Prancis Bersiap Perang Melawan Rusia, Ini Persiapannya
Prancis sudah bersiap berperang melawan Rusia. Foto/US Marine Corps
A A A
PARIS - Prancis telah mengubah postur angkatan lautnya dari mencegat penyelundup narkoba dan pemburu liar menjadi pelatihan perang konvensional. Itu diungkapkan Laksamana Muda Jacques Mallard kepada Politico. Itu seiring dengan ancaman perang melawan Rusia yang semakin kentara.

Mallard memimpin satu-satunya kelompok tempur kapal induk di Perancis, yang dibangun di sekitar kapal bertenaga nuklir Charles de Gaulle. Dia berbicara tentang perubahan tersebut dalam wawancara eksklusif dengan Politico edisi UE.m

“Kita sedang beralih dari dunia di mana kita bebas melakukan apa pun yang kita suka ke dunia di mana kita lebih sering merasa terancam,” kata Mallard. “Kami sekarang berlatih untuk misi lain, khususnya yang kami sebut peperangan intensitas tinggi.”

“Pertempuran laut semakin mungkin terjadi,” katanya, dan para pelaut Prancis kini berlatih melawan “seseorang yang ingin menghancurkan kita. Bukan orang yang ingin melakukan perdagangan ilegal, bukan orang yang ingin mencuri ikan.”

Dengan keterlibatan Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam dan Houthi di Yaman yang melarang kapal-kapal yang terkait dengan Israel, AS, dan Inggris di Laut Merah, angkatan laut Barat perlu menghadapi “pesaing yang semakin tanpa hambatan,” kata Mallard.



“Di situlah kita menjadi sedikit lebih agresif, atau setidaknya, kita bersiap untuk melakukannya,” tambah laksamana.

Menurut Mallard, angkatan laut Perancis dan Italia akan melakukan latihan bersama pada musim semi ini berdasarkan program ‘Polaris’, yang mensimulasikan pertempuran laut. Diperkenalkan pada tahun 2021, simulasi pertempuran berfungsi untuk “menghilangkan pemikiran taktis,” yang digambarkan Mallard sebagai “sedikit lebih berisiko tetapi sangat berguna.”

Meskipun sang laksamana tidak menyebutkan nama musuh yang diperkirakan, ia menjelaskan bahwa musuh tersebut bukanlah Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

“Selama China belum menginvasi Pulau La Réunion atau memutuskan untuk mengusir kami dari Pulau Mayotte,” katanya, sambil menyebutkan dua wilayah Prancis di Samudera Hindia, “tidak ada alasan untuk menyebut Tiongkok sebagai wilayah kami. musuh utama.”

Komentar Mallard muncul setelah berminggu-minggu Presiden Prancis Emmanuel Macron melontarkan gagasan kemungkinan menempatkan NATO di Ukraina. Kemungkinan tersebut ditolak mentah-mentah oleh sebagian besar – meski tidak semua – anggota blok yang dipimpin AS.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0841 seconds (0.1#10.140)