Mengapa Banyak Anak Muda India, Nepal dan Sri Lanka Jadi Tentara Bayaran Rusia?

Senin, 01 April 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Veteran militer Sri Lanka berusia sembilan tahun, Nipuna Silva yang sudah terlilit hutang, meminjam USD4.000 untuk membayar agen yang memberinya pekerjaan di Rusia. Dia kemudian bergabung dengan tentara Rusia.

Mangukiya membayar USD3.600 kepada agen perekrutannya dan ditawari USD1.800 untuk pekerjaan sebagai asisten.

Ketika Bhandari mencapai Rusia, dia diturunkan di kamp perekrutan dan menandatangani kontrak satu tahun untuk berperang sebagai tentara.

Meskipun banyak warga Nepal yang menuju ke Rusia langsung dari ibu kota Kathmandu, beberapa di antaranya bekerja sebagai pekerja migran di Timur Tengah.

4. Dijanjikan Mendapatkan Pelatihan Khusus

Meskipun para anggota baru tersebut dijanjikan program pelatihan intensif selama tiga bulan, mereka mengatakan bahwa mereka menerima latihan tempur kurang dari sebulan di wilayah Rostov di barat daya Rusia yang berbatasan dengan Ukraina.

“Saya pikir mereka telah dilatih selama beberapa hari, dalam beberapa kasus bahkan tidak sampai seminggu,” kata Poudel. “Dan kemudian mereka dikirim ke garis depan, pada dasarnya sebagai barang habis pakai.”

Karena kurangnya pelatihan, laki-laki Nepal yang berbicara kepada Al Jazeera mengira mereka akan digunakan sebagai cadangan. Namun, mereka terdorong ke garis depan. “Rusia baru saja memerintahkan kami dari belakang. Kami seperti tameng mereka,” kata Ratna Karki*, rekrutan berusia 34 tahun, kepada Al Jazeera.

Ketika Bhandari berusaha melarikan diri, dia ditangkap dan ditahan, sama seperti banyak orang lainnya – yang terjebak dalam kewaspadaan ketat Rusia.

Meskipun orang tua Mangukiya telah diyakinkan bahwa putra mereka akan aman dari pertempuran apa pun, ia ditempatkan di garis depan.

Silva dari Sri Lanka menandatangani kontrak satu tahun pada bulan Januari dan pada 19 Februari, istrinya menerima pembayaran USD1.640 dari Rusia. Beberapa hari kemudian, dia mengetahui bahwa Silva telah tewas dalam serangan pesawat tak berawak.

Setidaknya lima rekrutan asal Sri Lanka tewas dalam perang tersebut. Setidaknya 12 warga Nepal tewas, dan lima lainnya ditangkap oleh Ukraina. Setidaknya dua warga India tewas di garis depan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)