Presiden Palestina Mahmoud Abbas Tunjuk Pemerintahan Baru

Jum'at, 29 Maret 2024 - 21:15 WIB
loading...
A A A
Gaza, bagaimanapun, telah berada di bawah kendali Hamas sejak 2007, ketika kelompok tersebut memenangkan pemilu dan kemudian terlibat konflik bersenjata singkat dan berdarah dengan Fatah.

Hamas memandang Otoritas Palestina tidak sah atas pengakuan dan negosiasinya dengan Israel.

Presiden AS Joe Biden berpendapat Gaza pascaperang harus diperintah oleh “Otoritas Palestina yang telah direvitalisasi.”

Setelah pertemuan dengan Abbas pada bulan Januari, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada wartawan bahwa Washington menginginkan PA yang direformasi untuk “secara efektif mengambil tanggung jawab atas Gaza” ketika pertempuran berhenti.

Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak rencana tersebut dan bersikeras menerapkan “kendali keamanan penuh Israel” atas wilayah tersebut di masa mendatang.

Selain itu, Otoritas Palestina hanya mendapat sedikit dukungan dari masyarakat Palestina karena penolakan Abbas untuk menyelenggarakan pemilu, kesediaannya mengizinkan pasukan Israel beroperasi sesuka hati di Tepi Barat, dan kegagalannya menghentikan penyebaran permukiman ilegal Israel di wilayah tersebut.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)