Pernyataan Jenderal Seputar 'Kemampuan Tempur Palsu' Soroti Masalah Mendalam di Militer China

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:54 WIB
loading...
A A A

Dominasi Xi Jinping


Para analis mengatakan upaya pemberantasan korupsi di China telah digunakan untuk membungkam kritik terhadap Presiden Xi yang telah memusatkan semua kekuasaan di tangannya sendiri; menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, presiden negara tersebut dan Ketua Komisi Militer Pusat.

Khususnya, selama diskusi mengenai PLA pada pertemuan tahunan Kongres Rakyat Nasional selama seminggu pada Maret 2024, terdapat lebih banyak penekanan pada kesetiaan kepada Presiden Xi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Di antara sembilan Jenderal Angkatan Darat yang dipecat, lima komandan tertinggi Pasukan Roket pernah menjadi anggota Kongres Rakyat Nasional dan merupakan bagian dari sejumlah besar anggota militer China yang merupakan bagian dari Partai Komunis China (CCP) yang berkuasa.

Menurut laporan SCMP, hampir semua jenderal senior di Pasukan Roket memiliki reputasi baik. Tampaknya mereka menjadi tidak bermoral setelah promosi, ketika mereka pindah ke Beijing.

Bagi pengamat mana pun, hal ini akan terlihat meragukan: seorang pejabat yang jujur berubah menjadi korup setelah dipromosikan. Penjelasan alternatifnya adalah bahwa sebagian besar kekuatan militer China tidak menyukai pemusatan seluruh kekuasaan di tangan Presiden Xi.

Dalam struktur tentara China yang tidak profesional, di mana perwira militer juga merupakan anggota CCP, kemungkinan besar tentara akan terlibat dalam politik.

Para analis menunjuk pada perebutan kekuasaan antara kubu Presiden Xi dan kubu para pemimpin CCP dan pejabat PLA. Dominasi Presiden Xi di semua bidang kehidupan publik membangkitkan selera akan kekuasaan bagi banyak orang di CCP dan militer China.

Dengan dalih memberantas korupsi atau menanamkan disiplin dalam CCP dan angkatan bersenjata China, Presiden Xi menghancurkan kelompok pro-demokrasi dan mencari kebenaran melalui penuntutan dan hukuman besar-besaran terhadap para pemimpin komunis, pejabat militer, dan pengusaha.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)