5 Negara Muslim yang Pernah Berperang dengan Prancis

Jum'at, 22 Maret 2024 - 17:07 WIB
loading...
A A A
Terjadi sekitar 1956, Prancis memang bukan pihak utama yang bertikai dengan Mesir. Dalam hal ini, mereka berkoalisi bersama Israel dan Inggris dengan tujuan merebut kendali Terusan Suez.

Namun, segera jalannya pertempuran berakhir usai muncul ancaman dari negara besar seperti Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Masing-masing dari mereka mulai menarik pasukan antara akhir 1956 dan awal 1957, sementara Mesir dianggap sebagai pemenang.

5. Turki


Melihat sejarah, Turki menjadi salah satu negara yang cukup sering berperang dengan Prancis. Tak hanya di era modern, namun sejak masa Kekaisaran Ottoman.

Sebagai contoh, bisa diambil Franco-Turkish Conflict yang biasa dikenal juga Kampanye Cilicia. Momen ini terjadi sekitar 1918 hingga 1921.

Mengutip History Maps, Franco-Turkish Conflict merupakan serangkaian konflik yang terjadi antara Prancis (Pasukan Kolonial Prancis dan Legiun Armenia Prancis) dengan Tentara Nasional Turki.

Latar waktunya terjadi tak lama setelah Perang Dunia I, tepatnya ketika Prancis ingin memperluas pengaruhnya di Timur Tengah.

Itulah beberapa negara Muslim yang pernah berperang dengan Prancis.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0893 seconds (0.1#10.140)