5 Negara Muslim yang Pernah Berperang dengan Prancis

Jum'at, 22 Maret 2024 - 17:07 WIB
loading...
5 Negara Muslim yang Pernah Berperang dengan Prancis
Tentara Prancis dari Batalyon 7 Pemburu Alpine mengambil bagian dalam latihan NATO di Tapa, Estonia, 19 Maret 2022. Foto/REUTERS/Benoit Tessier
A A A
PARIS - Sedikitnya ada lima negara Muslim yang pernah berperang dengan Prancis. Salah satunya adalah Aljazair.

Sejarah mencatat Prancis pernah memiliki era kejayaannya sendiri. Dulunya, mereka dikenal mempunyai kekuatan militer yang disegani dunia.

Pada riwayatnya, Prancis sendiri sudah banyak terlibat perang dengan negara-negara atau kelompok bersenjata lain.

Beberapa kali, mereka juga pernah berperang dengan negara Muslim. Berikut beberapa di antaranya sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (22/3/2024).

Negara Muslim yang Pernah Berperang dengan Prancis

1. Aljazair


Aljazair pernah berada dalam kekuasaan kolonial Prancis selama kurang lebih 132 tahun. Kondisi tersebut mulai berlangsung sejak 1830, tepatnya ketika Prancis menginvasi ibu kota Aljir.

Pada perjuangan merebut kemerdekaan, pejuang Aljazair pernah terlibat pertempuran besar dengan Prancis. Berlangsung pada kurun 1954-1962, perang ini biasa dikenal sebagai Algerian War hingga Perang Kemerdekaan Aljazair.

Mengutip StudySmarter, Perang Kemerdekaan Aljazair diprakarsai oleh Front de Liberation Nationale (FLN).
Perang ini banyak dikatakan menjadi salah satu yang paling kejam di era anti-kolonial karena penggunaan penyiksaan dan kekerasan yang berlebihan.

Perang Kemerdekaan Aljazair diakhiri dengan penandatangan Perjanjian Evian pada Maret 1962. Sekitar Juli 1962, Aljazair mengadakan referendum untuk menyerukan kemerdekaannya.

2. Irak


Prancis pernah bergabung dengan koalisi negara di dunia melawan Irak. Adapun terbentuknya koalisi tersebut didasari tindakan Irak yang melakukan aneksasi terhadap Kuwait selama kampanye militer singkat 1990.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)