Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Kamis, 14 Maret 2024 - 13:23 WIB
loading...
A A A
Dewan transisi akan memiliki tujuh anggota yang memiliki hak suara, dipilih dari berbagai faksi politik Haiti dan sektor swasta, serta dua pengamat yang tidak memiliki hak suara. Badan ini akan bertugas memilih perdana menteri sementara.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada wartawan pada Rabu sore bahwa Washington memperkirakan dewan transisi akan dibentuk “dalam beberapa hari mendatang”.

De Alba mengatakan bahwa meskipun “ada kebutuhan akan mekanisme untuk memperkuat situasi keamanan di Haiti… geng-geng tersebut sangat bercampur dalam masyarakat.

8. Butuh Solusi Keamanan dan Politik

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

De Alba mengatakan krisis ini harus ditangani melalui dua jalur: keamanan dan politik.

“Ini adalah situasi yang sangat menantang karena, pada saat yang sama, Haiti telah mempunyai sejarah buruk dalam intervensi asing, yang tidak menghasilkan apa-apa,” katanya. “Ini bukan soal mengeluarkan banyak uang [dan kemudian] masalah ini akan terselesaikan.”

Menurut pendapat de Alba, masyarakat Haiti perlu memimpin dalam mencari solusi – namun mereka juga memerlukan bantuan untuk membangun lembaga-lembaga negara yang berfungsi.

“Jika hal itu tidak terjadi dan jika pemerintah tidak mampu memenuhi kebutuhan rakyatnya, maka geng-geng ini akan terus berkuasa,” katanya.

Perlunya kepemimpinan yang stabil juga diamini oleh Fatton. “Ini jalan yang sangat panjang, tapi masalah yang mendesak adalah pembentukan pemerintahan baru, pemilihan perdana menteri oleh pemerintahan baru,” katanya.

Kemudian pertimbangan selanjutnya, tambahnya, adalah mengatasi kekerasan geng.

“Bisakah kamu bernegosiasi dengan geng-geng itu? Jika Anda tidak dapat melakukan negosiasi dengan geng-geng tersebut, akankah warga Kenya tiba tepat waktu dan apakah mereka memiliki kapasitas untuk menanganinya?”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)