Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Kamis, 14 Maret 2024 - 13:23 WIB
loading...
Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?
Geng bersenjata di Haiti mampu mengendalikan pemerintah dan militer. Foto/Reuters
A A A
PORT-AU-PRINCE - Kelompok bersenjata Haiti mendominasi berita utama global dalam beberapa pekan terakhir. Itu dikarenakan geng bersenjata menyerang kantor polisi, penjara dan institusi lain di ibu kota Port-au-Prince, yang secara efektif melumpuhkan kota tersebut.

Namun kekuatan geng-geng ini telah lama mengguncang kehidupan sehari-hari dan politik di Haiti, sehingga menjerumuskan negara tersebut ke dalam krisis yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

1. Sukses Memaksa PM Haiti Mengundurkan Diri

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

Contoh terbaru terjadi minggu ini, ketika Perdana Menteri Ariel Henry mengumumkan ia akan mengundurkan diri dari jabatannya setelah dewan presiden transisi terbentuk dan penggantinya dipilih.

Pengumuman tersebut disampaikan di tengah tekanan dari masyarakat internasional dan para pemimpin geng, yang memperingatkan bahwa negara Karibia tersebut dapat menghadapi “perang saudara” jika Henry, seorang pejabat yang tidak dipilih, tidak mengundurkan diri.

Namun rencana kepergian Henry tidak banyak mengurangi cengkeraman geng-geng tersebut, yang menguasai sekitar 80 persen Port-au-Prince.

Mereka juga berjanji untuk menentang intervensi pihak luar dalam urusan Haiti. Hal ini termasuk upaya yang didukung oleh PBB untuk mengirim angkatan bersenjata multinasional, yang dipimpin oleh Kenya, ke Haiti untuk membantu polisi nasional menanggapi kekerasan dan kerusuhan yang meluas.


2. Dampak Kediktatoran selama 29 Tahun

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

Kebanyakan ahli menelusuri fenomena ini sejak era mantan Presiden Haiti Francois “Papa Doc” Duvalier dan putranya, Jean-Claude “Baby Doc” Duvalier, yang masa kediktatorannya berlangsung selama 29 tahun.

Keluarga Duvalier mendirikan dan menggunakan kelompok paramiliter, Tontons Macoutes yang sangat ditakuti, untuk membasmi oposisi terhadap pemerintahan mereka. Brigade tersebut membunuh dan menyiksa ribuan orang.

Robert Fatton, pakar Haiti dan profesor di Universitas Virginia, mengatakan geng bersenjata bukanlah fenomena baru di Haiti. “Mereka telah menjadi bagian dari sejarah negara ini untuk waktu yang sangat lama,” katanya kepada Al Jazeera.

Namun Fatton menjelaskan kelompok bersenjata di Haiti saat ini berbeda.

3. Memiliki Senjata Canggih

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

"Mereka memiliki senjata yang lebih baik dari sebelumnya dan telah mencapai tingkat kecanggihan baru dalam serangan mereka," kata Fatton. Misalnya, drone dilaporkan digunakan ketika orang-orang bersenjata menyerbu dua penjara Port-au-Prince pada awal Maret, yang merupakan bagian dari rangkaian kekerasan terbaru.

Fatton juga menjelaskan bahwa kelompok bersenjata, “hingga saat ini”, terikat pada politisi, partai politik, dan pengusaha. Orang-orang itu “bisa mengendalikan mereka”, kata Fatton. Namun hal itu tidak lagi terjadi.

“Mereka adalah kekuatan tersendiri,” kata Fatton. “Itu berarti mereka pada dasarnya dapat mendikte politisi tertentu atau banyak politisi, apa yang harus mereka lakukan atau apa yang bisa mereka lakukan.”

4. Mampu Mengumpulkan Uang Lebih Banyak Dibandingkan Politikus

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

“Mereka mampu mengumpulkan lebih banyak uang secara independen dari politisi dan pengusaha,” kata Fatton. Hal ini termasuk melalui pemerasan, penculikan untuk mendapatkan uang tebusan, perdagangan narkoba dan penyelundupan senjata kecil.

Namun baik Fatton maupun de Alba menekankan bahwa kelompok bersenjata Haiti tidak hanya bersifat kriminal.

“Mereka juga memiliki aspek politik,” kata de Alba kepada Al Jazeera. “Mereka memperoleh penghasilan melalui kegiatan terlarang, dan mereka bersedia menggunakan senjata mereka untuk tujuan politik.”

5. Memiliki Kekuatan untuk Berkuasa

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

De Alba mengatakan geng-geng besar Haiti semakin banyak mengajukan tuntutan politik, terutama setelah pembunuhan Presiden Moise pada tahun 2021 yang menyebabkan kekosongan kekuasaan di pemerintahan negara tersebut.

Peningkatan kekerasan terbaru yang dilakukan geng-geng tersebut, misalnya, mencakup seruan agar Perdana Menteri Henry mengundurkan diri.

Namun ambisi mereka lebih dari itu. Misalnya, ketua G9 Cherizier telah memperingatkan bahwa pasukannya akan menentang intervensi asing di Haiti, dan dia mengatakan bahwa dia ingin membantu negara tersebut keluar dari krisis yang terjadi saat ini.

“Kelompok-kelompok ini semakin berpikir bahwa satu-satunya cara untuk mempertahankan tidak hanya relevansinya tetapi juga keberadaannya adalah jika mereka mampu setidaknya mengelola sejumlah kekuatan politik yang penting,” kata de Alba.

Fatton merangkum tujuan jangka panjang geng-geng tersebut sebagai salah satu pengaruh abadi dalam kepemimpinan Haiti. “Bukan hanya, ‘Biarkan saya melakukan apa yang saya inginkan dalam kaitannya dengan aktivitas kriminal.’ Ini lebih dari sekedar, ‘Saya ingin sepotong kekuasaan.’ Titik.”

6. Tak Ada Solusi Mengatasi Geng Bersenjata

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

Itu adalah pertanyaan jutaan dolar. Meskipun tidak ada jawaban yang jelas, sebagian besar ahli sepakat bahwa masalah kekerasan geng di Haiti tidak dapat dipisahkan dari situasi politik dan ekonomi secara keseluruhan.

Negara ini merupakan negara termiskin di Amerika Latin dan termasuk negara yang paling tidak setara dalam hal distribusi kekayaan. Negara ini menghadapi sejumlah masalah sistemik, seperti tingginya pengangguran dan kurangnya kesempatan, yang berkontribusi terhadap kekuatan kelompok bersenjata.

“Banyak anak muda dan remaja putra tidak mempunyai masa depan, tidak memiliki pekerjaan, tidak memiliki pendidikan. Mereka benar-benar tidak punya harapan. Anda bisa memahami mengapa beberapa dari mereka bergabung dengan geng. Itu masalah struktural, sosial, ekonomi,” kata Fatton.

Namun meski mengatasi masalah-masalah tersebut memerlukan visi jangka panjang bagi negara tersebut, Fatton mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk memulihkan ketertiban saat ini.

Kekerasan telah membuat lebih dari 200.000 orang mengungsi di Port-au-Prince, dan polisi Haiti kekurangan sumber daya untuk menangani geng-geng tersebut. Program Pangan Dunia PBB juga memperingatkan minggu ini bahwa Haiti “berada di ambang krisis kelaparan yang parah”.

7. Perlu Mendatangkan Pasukan Internasional

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

Hal ini juga masih belum jelas. Para pejabat Kenya mengatakan pada hari Selasa bahwa negara Afrika Timur tersebut menghentikan sementara rencana misi keamanan ke Haiti, untuk menunggu dan melihat bagaimana transisi politik berjalan.

Presiden Kenya William Ruto mengatakan pada hari Rabu bahwa negaranya “akan mengambil kepemimpinan” misi Haiti “segera setelah Dewan Kepresidenan dibentuk berdasarkan proses yang disepakati”.

Kelompok-kelompok Haiti sedang dalam proses memilih perwakilan untuk duduk di dewan presiden transisi, sebagaimana ditetapkan oleh blok negara-negara Komunitas Karibia dan Pasar Bersama (CARICOM), sesuai ketentuan yang ditetapkan pada hari Senin. AS, PBB dan negara-negara lain juga ikut serta dalam perundingan tersebut.

Dewan transisi akan memiliki tujuh anggota yang memiliki hak suara, dipilih dari berbagai faksi politik Haiti dan sektor swasta, serta dua pengamat yang tidak memiliki hak suara. Badan ini akan bertugas memilih perdana menteri sementara.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada wartawan pada Rabu sore bahwa Washington memperkirakan dewan transisi akan dibentuk “dalam beberapa hari mendatang”.

De Alba mengatakan bahwa meskipun “ada kebutuhan akan mekanisme untuk memperkuat situasi keamanan di Haiti… geng-geng tersebut sangat bercampur dalam masyarakat.

8. Butuh Solusi Keamanan dan Politik

Bagaimana Geng Bersenjata Mampu Mengendalikan Pemerintah dan Militer Haiti?

Foto/Reuters

De Alba mengatakan krisis ini harus ditangani melalui dua jalur: keamanan dan politik.

“Ini adalah situasi yang sangat menantang karena, pada saat yang sama, Haiti telah mempunyai sejarah buruk dalam intervensi asing, yang tidak menghasilkan apa-apa,” katanya. “Ini bukan soal mengeluarkan banyak uang [dan kemudian] masalah ini akan terselesaikan.”

Menurut pendapat de Alba, masyarakat Haiti perlu memimpin dalam mencari solusi – namun mereka juga memerlukan bantuan untuk membangun lembaga-lembaga negara yang berfungsi.

“Jika hal itu tidak terjadi dan jika pemerintah tidak mampu memenuhi kebutuhan rakyatnya, maka geng-geng ini akan terus berkuasa,” katanya.

Perlunya kepemimpinan yang stabil juga diamini oleh Fatton. “Ini jalan yang sangat panjang, tapi masalah yang mendesak adalah pembentukan pemerintahan baru, pemilihan perdana menteri oleh pemerintahan baru,” katanya.

Kemudian pertimbangan selanjutnya, tambahnya, adalah mengatasi kekerasan geng.

“Bisakah kamu bernegosiasi dengan geng-geng itu? Jika Anda tidak dapat melakukan negosiasi dengan geng-geng tersebut, akankah warga Kenya tiba tepat waktu dan apakah mereka memiliki kapasitas untuk menanganinya?”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)