Uni Eropa Buka Koridor Bantuan Laut ke Gaza Akhir Pekan Ini

Sabtu, 09 Maret 2024 - 13:30 WIB
loading...
A A A
Biden menjelaskan dalam pidato kenegaraannya di depan Kongres pada Kamis, bahwa militer AS akan membangun “dermaga sementara” di pantai Gaza untuk menerima kapal bantuan yang membawa makanan, air dan obat-obatan.

Para pejabat AS mengatakan pembangunan fasilitas semacam itu bisa memakan waktu berminggu-minggu, namun rumah sakit di Gaza utara sudah melaporkan anak-anak meninggal karena kekurangan gizi. PBB mengatakan pembukaan lebih banyak jalur darat harus tetap menjadi prioritas.

“Tidak ada kapal AS yang akan mendarat,” ujar Biden, yang tidak menunjukkan di mana lokasi “dermaga” yang direncanakan.

Sebagian besar pesisir Gaza adalah pantai dan kapal-kapal besar tidak akan bisa mendekatinya tanpa melakukan pengerukan.

Juga tidak jelas apakah Israel atau pasukan lain akan memberikan keamanan untuk fasilitas sementara tersebut. Orang-orang yang putus asa semakin banyak yang menyita pasokan yang diangkut dengan truk ke Gaza.

Menanggapi pidato Biden, seorang pejabat senior pemerintah Israel mengatakan pada Jumat, “Israel dan Amerika Serikat sedang berkoordinasi mengenai pasokan bantuan kemanusiaan melalui jalur laut. Ini akan diaktifkan, tergantung pada izin keamanan.”
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)