Jet Tempur Su-35 Rusia Hilang saat Bertempur Melawan Ukraina

Senin, 04 Maret 2024 - 09:51 WIB
loading...
A A A
Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengeklaim bahwa 345 pesawat Rusia telah berhasil dilumpuhkan sejak awal invasi pada 24 Februari 2022. Rata-rata yang diklaim baru-baru ini yaitu satu pesawat hancur per hari menunjukkan bahwa pertahanan udara Ukraina menjadi lebih efektif seiring dengan perang yang memasuki tahun ketiga.

Selain itu, Kyiv mengeklaim telah melenyapkan setidaknya 414.680 personel militer Rusia dari medan perang, termasuk kematian dan cedera pada akhir masa tugas.

Angka itu tidak dapat diverifikasi secara independen. Moskow juga tidak mengomentari setiap klaim musuh.

Pelacak intelijen sumber terbuka Oryx mencatat total 240 pesawat dan helikopter Rusia hancur selama perang Ukraina hingga Kamis lalu, termasuk tujuh jet Su-35.

Michael Bohnert, insinyur di lembaga think tank RAND Corporation, menulis dalam sebuah artikel opini yang diterbitkan oleh Defense News pada bulan Agustus bahwa penggunaan pesawat yang berlebihan akan menyebabkan kerugian bagi Rusia seiring dengan berlanjutnya perang.

“Dalam perang yang berlarut-larut, di mana satu kekuatan mencoba menguras kekuatan yang lain, yang penting adalah umur panjang kekuatan militer,” tulisnya.

“Dan di situlah VKS (Angkatan Udara Rusia) berada sekarang.”

Bohnert juga menekankan bahwa Rusia harus segera menghadapi ancaman Ukraina yang sangat berbeda dari jet tempur F-16. Pilot Ukraina saat ini sedang berlatih menggunakan jet tersebut, yang diperkirakan akan memasuki perang akhir tahun ini.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)