Jet Tempur Su-35 Rusia Hilang saat Bertempur Melawan Ukraina

Senin, 04 Maret 2024 - 09:51 WIB
loading...
Jet Tempur Su-35 Rusia Hilang saat Bertempur Melawan Ukraina
Sebuah jet tempur Su-35 Rusia hilang dari radar di dekat Donetsk saat bertempur melawan pasukan Ukraina. Foto/Ukrainian Front
A A A
KYIV - Sebuah jet tempur Sukhoi Su-35 Rusia menghilang dari radar di dekat Mariupol saat bertempur melawan pasukan Ukraina pada hari Jumat.

Pada hari itu, Ukraina mengeklaim telah menghancurkan 13 pesawat Rusia hanya dalam waktu kurang dari dua minggu.

Berbagai saluran pemantau perang Rusia-Ukraina melaporkan bahwa jet tempur Su-35 tersebut hilang di dekat kota Donetsk yang dikuasai pasukan Moskow di pantai utara Laut Azov.

Meskipun nasib pesawat tempur tersebut belum dikonfirmasi, jika hilangnya akibat serangan Ukraina, maka itu akan menjadi pesawat ke-14 yang diklaim dihancurkan oleh Kyiv dalam 14 hari.



“Beberapa saluran pemantauan melaporkan bahwa jet tempur Su-35 Rusia menghilang dari radar di wilayah Mariupol,” tulis akun blog Ukrainian Front di X.

“Mungkin saja ditembak jatuh. Kami menunggu informasi dari Angkatan Udara Ukraina," lanjut akun tersebut, seperti dikutip Newsweek, Senin (4/3/2024).

Pada Kamis pekan lalu, Kementerian Pertahanan Ukraina mengeklaim telah menembak jatuh dua jet tempur Su-35, 10 pesawat pengebom tempur Su-34 dan satu pesawat deteksi dan kontrol radar jarak jauh A-50 selama 13 hari sebelumnya.

“Dampak hilangnya 13 pesawat dalam beberapa hari, dan mungkin beberapa pilot mereka yang sangat terlatih, tidak dapat diabaikan bagi militer Rusia,” tulis lembaga think tank Institute for the Study of War (ISW) yang berbasis di Amerika Serikat dalam sebuah laporan.

A-50 hanyalah pesawat kedua dari jenisnya yang diklaim Ukraina telah dihancurkan selama perang, dan hanya enam jet pengintai lagi yang diklaim Kyiv masih dioperasikan Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)