Kepastian Kesepakatan Genjatan Senjata Ramadan Akan Ditentukan di Kairo

Sabtu, 02 Maret 2024 - 20:58 WIB
loading...
Kepastian Kesepakatan Genjatan Senjata Ramadan Akan Ditentukan di Kairo
Gencatan senjata selama bulan suci Ramadan akan didiskusikan di Kairo, Mesir, Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perundingan gencatan senjata Gaza yang berlangsung selama bulan suci Ramadan akan dilanjutkan di Kairo pada Minggu (3/3/2024). Itu diungkapkan dua sumber keamanan Mesir.

Itu menandakan upaya berkelanjutan untuk mengamankan gencatan senjata yang diharapkan oleh Presiden AS Joe Biden akan terjadi pada 10 Maret.

Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia berharap akan ada kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas pada saat bulan puasa Ramadhan, yang dimulai pada 10 Maret.

Belum ada komentar langsung dari Israel atau Hamas, yang telah bernegosiasi melalui mediator termasuk Mesir dan Qatar.

Sumber tersebut mengatakan bahwa sebuah insiden pada hari Kamis di mana lebih dari 100 warga Palestina yang mencari bantuan tewas oleh tembakan Israel menurut pihak berwenang Gaza, tidak memperlambat perundingan, namun malah mendorong para perunding untuk segera mempertahankan kemajuan.

Israel menyalahkan sebagian besar kematian tersebut karena kerumunan orang yang berkerumun di sekitar truk bantuan, dan mengatakan bahwa para korban terinjak atau tertabrak.



Tekanan internasional untuk melakukan gencatan senjata semakin meningkat, dengan lebih dari 30.000 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Gaza, menurut otoritas kesehatan Gaza, dan PBB memperingatkan bahwa seperempat penduduknya tinggal selangkah lagi menuju kelaparan.

Bersumpah untuk memusnahkan Hamas, Israel melancarkan serangan sebagai tanggapan atas serangan kelompok itu pada 7 Oktober di kota-kota Israel, yang menewaskan 1.200 orang di Israel dan 253 lainnya diculik, menurut penghitungan Israel.

Sumber-sumber Mesir mengatakan kedua pihak telah menyepakati jangka waktu gencatan senjata di Gaza, serta pembebasan sandera dan tahanan, dan menambahkan bahwa penyelesaian kesepakatan masih memerlukan kesepakatan mengenai penarikan pasukan Israel dari Gaza utara dan pemulangan penduduknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)