Siapa Maryam Nawaz? Politikus Perempuan Pertama yang Menjadi Menteri Utama Punjab di Pakistan

Selasa, 27 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
“Ketika mantan perdana menteri Benazir Bhutto terjun ke dunia politik, dia menghadapi kampanye jahat dan gendernya menjadi sasaran utama,” kata Yusuf. Nawaz “pasti akan menghadapi komentar seksis dan ejekan terhadap politik dinasti,” tambahnya.

Seorang sekuler liberal, Benazir Bhutto adalah wanita pertama yang memimpin pemerintahan demokratis di negara mayoritas Muslim. Dia dibunuh pada tahun 2007.

4. Bagian dari Politik Dinasti Pakistan

Nawaz adalah bagian dari dinasti bisnis dan politik Sharif Pakistan yang terkemuka. Dia adalah putri sulung mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dan keponakan Shehbaz Sharif, yang akan menjadi perdana menteri untuk kedua kalinya, memimpin pemerintahan koalisi setelah pemilu nasional baru-baru ini.

Para pengkritik Nawaz percaya bahwa penunjukan Nawaz adalah bagian dari upaya dinasti Sharif untuk melanjutkan cengkeraman mereka pada pengaruh politik Pakistan.

Habib Akram, seorang analis yang berbasis di Lahore, mengatakan kepada DW bahwa dia yakin Nawaz yang berusia 50 tahun tidak memenuhi syarat untuk menjadi menteri utama, kecuali fakta bahwa dia adalah putri Nawaz Sharif.

“Saya rasa dia tidak bisa membawa perubahan nyata pada kehidupan masyarakat di Punjab,” kata Akram kepada DW.

“Pemilihannya adalah kemenangan politik dinasti.”

Dia khawatir dia akan mengintensifkan tindakan keras terhadap partai PTI yang dipimpin Khan. “Dia telah melontarkan pernyataan yang sangat menghina Khan, menunjukkan bahwa dia tidak akan mengubah sikapnya terhadap partai Khan, dan akan meningkatkan tindakan keras terhadap para pekerjanya.”

Kandidat dari partai PTI yang dipimpin Khan dilarang mencalonkan diri di bawah bendera partai dalam pemilu, dan para pendukungnya mengatakan pemilu tersebut dicurangi dan merugikan mereka dalam tindakan keras yang meluas.

5. Pernah Mendekam di Penjara

Siapa Maryam Nawaz? Politikus Perempuan Pertama yang Menjadi Menteri Utama Punjab di Pakistan

Foto/Reuters

Namun, PML-N menepis kritik terhadap penunjukan Nawaz.

Nehal Hashmi, mantan senator PML-N, mengatakan kepada DW bahwa Nawaz mendapatkan posisinya di kekuasaan. "Dia masuk penjara, menghadapi kasus-kasus yang dibuat-buat dan mengalami penyiksaan namun menolak untuk tunduk pada elemen negara yang berkuasa."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)