Dokumen Peretasan Bocor, China Dituding Intai Banyak Negara termasuk Indonesia

Jum'at, 23 Februari 2024 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Namun hal ini tidak berarti bahwa peretas China yang didukung negara tidak mencoba meretas Amerika Serikat dan sekutunya.

Jika pembocor informasi tersebut berada di China, dan hal ini mungkin terjadi, Cary mengatakan, “membocorkan informasi mengenai peretasan NATO akan sangat, sangat menghasut”, risiko yang cenderung membuat pihak berwenang China lebih bertekad mengidentifikasi peretas tersebut.

Mathieu Tartare, peneliti malware di perusahaan keamanan siber ESET, mengatakan pihaknya telah menghubungkan I-Soon dengan kelompok peretas negara China yang mereka sebut Fishmonger yang secara aktif dilacak dan ditulis pada Januari 2020 setelah kelompok tersebut meretas universitas-universitas Hong Kong selama protes mahasiswa.

Dia mengatakan, sejak tahun 2022, Fishmonger telah menargetkan pemerintah, LSM, dan lembaga think tank di Asia, Eropa, Amerika Tengah, dan Amerika Serikat.

Peneliti keamanan siber Perancis Baptiste Robert juga memeriksa dokumen-dokumen tersebut dan mengatakan sepertinya I-Soon telah menemukan cara untuk meretas akun di X, meskipun akun tersebut memiliki otentikasi dua faktor, serta satu lagi untuk menganalisis kotak masuk email.

Dia mengatakan operator siber AS dan sekutunya termasuk di antara tersangka potensial dalam kebocoran I-Soon karena mereka berkepentingan mengungkap peretasan yang dilakukan negara China.

Juru bicara Komando Siber AS tidak mau berkomentar apakah Badan Keamanan Nasional atau Cybercom terlibat dalam kebocoran tersebut. Satu email ke kantor pers di X menjawab, “Sibuk sekarang, silakan periksa lagi nanti.”

Pemerintah negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat, telah mengambil langkah-langkah untuk memblokir pengawasan negara China dan pelecehan terhadap kritikus pemerintah di luar negeri dalam beberapa tahun terakhir.

Laura Harth, direktur kampanye di Safeguard Defenders, kelompok advokasi yang berfokus pada hak asasi manusia di China, mengatakan taktik semacam itu menimbulkan ketakutan terhadap pemerintah China pada warga China dan warga negara asing di luar negeri, membungkam kritik dan mengarah pada sensor mandiri.

“Mereka adalah ancaman yang terus-menerus ada dan sangat sulit dihilangkan,” ujar dia.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)