Dokumen Peretasan Bocor, China Dituding Intai Banyak Negara termasuk Indonesia

Jum'at, 23 Februari 2024 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Situs web perusahaan sepenuhnya offline pada Selasa malam. Perwakilan I-Soon menolak permintaan wawancara dan mengatakan perusahaan akan mengeluarkan pernyataan resmi pada tanggal yang tidak ditentukan di masa depan.

I-Soon didirikan di Shanghai pada tahun 2010, menurut catatan perusahaan China, dan memiliki anak perusahaan di tiga kota lainnya, termasuk satu di kota barat daya Chengdu yang bertanggung jawab atas peretasan, penelitian dan pengembangan, menurut bocoran slide internal.

Anak perusahaan I-Soon di Chengdu buka seperti biasa pada Rabu. Lentera Tahun Baru Imlek bergoyang tertiup angin di gang tertutup menuju gedung lima lantai yang menampung kantor I-Soon di Chengdu.

Para karyawan keluar masuk, merokok dan menyeruput kopi untuk dibawa pulang di luar. Di dalam, poster-poster dengan lambang palu dan tongkat Partai Komunis menampilkan slogan-slogan yang berbunyi, “Menjaga rahasia Partai dan negara adalah kewajiban setiap warga negara.”

Alat yang digunakan I-Soon tampaknya digunakan oleh polisi China untuk mengekang perbedaan pendapat di media sosial luar negeri dan membanjiri mereka dengan konten pro-Beijing.

Pihak berwenang dapat mengawasi platform media sosial China secara langsung dan memerintahkan mereka menghapus postingan anti-pemerintah.

Namun mereka tidak memiliki kemampuan tersebut di situs luar negeri seperti Facebook atau X, tempat jutaan pengguna China berkumpul untuk menghindari pengawasan dan sensor negara.

“Ada minat besar dalam pemantauan dan komentar di media sosial dari pihak pemerintah China,” ujar Mareike Ohlberg, peneliti senior di Program Asia di German Marshall Fund. Dia meninjau beberapa dokumen.

Kontrol Opini Publik dan Basmi Suara Anti-pemerintah


Saat ini, menurut Ohlberg, pengendalian pos-pos penting di dalam negeri sangatlah penting. “Otoritas China memiliki kepentingan besar dalam melacak pengguna yang berbasis di China,” ungkap dia.

Sumber kebocoran bisa jadi berasal dari “dinas intelijen saingan, orang dalam yang tidak puas, atau bahkan kontraktor saingan,” papar kepala analis ancaman John Hultquist dari divisi keamanan siber Google Mandiant.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)