5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:13 WIB
loading...
A A A
Menurut Sipri, pengiriman senjata ke India dari Israel meningkat sebesar 175 persen antara tahun 2015 dan 2019.

Sementara itu, ekspor senjata Israel meningkat 19 persen antara tahun 2012-2016 dan 2017-2021. Pengeluaran mereka untuk senjata meningkat sebesar 3,1 persen.

Namun hubungan militer lebih dari sekedar perangkat keras militer. Pada tahun 2019, setelah India sepenuhnya mencaplok Kashmir yang diduduki India, seorang diplomat senior India di AS menyarankan agar India meniru “model Israel” di wilayah tersebut, mengacu pada pemukiman Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki.

Pada tahun 2020, India dan Israel menandatangani perjanjian untuk memperluas kerja sama di bidang keamanan siber.

“Memperdalam kerja sama dengan India merupakan langkah penting lainnya dalam menghadapi ancaman siber global,” kata Yigal Unna, direktur jenderal Direktorat Siber Nasional Israel (INCD), pada saat itu.

Menurut The Hindu, keamanan siber "diidentifikasi sebagai bidang kerja sama yang penting selama kunjungan Modi ke Israel pada bulan Juli 2017".

Awal tahun ini, investigasi New York Times menuduh bahwa selama kunjungan Modi pada tahun 2017, India membeli perangkat lunak Pegasus yang digunakan untuk meretas akun pribadi sekitar 300 warga India, termasuk aktivis, jurnalis, dan pemimpin oposisi.

4. Senjata Apa Saja yang Dibeli India dari Israel?

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Foto/Reuters

Pembelian pertama yang dilakukan India dari Israel adalah dua kapal patroli cepat Super Dvora Mk II pada pertengahan tahun 1990an.

New Delhi segera mulai mengimpor peralatan pertahanan kelas atas, termasuk kendaraan udara tak berawak (UAV) Searcher dan Heron Israel serta drone bersenjata, sistem rudal, dan sensor serta sistem elektro-optik atau senjata serbu Tavor yang digunakan oleh Pasukan Khusus India di Kashmir yang diduduki India. .

Antara tahun 2014 dan 2021, India menerima peralatan radar pesawat tempur, UAV bersenjata, rudal anti-tank, rudal permukaan-ke-udara, dan perangkat keras lainnya dari Israel. Militer India dilaporkan memiliki 108 drone Searcher Israel dan 68 Heron 1 yang tidak bersenjata. Ia juga memiliki beberapa drone Harpy - juga dikenal sebagai drone serangan bunuh diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)