5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:13 WIB
loading...
5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel
India dan Israel memiliki hubungan yang mesra. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Sejak menjalin hubungan pada tahun 1992, India telah menjadi pembeli senjata terbesar dan paling dapat diandalkan bagi Israel

Itu dibuktikan dengan intensitas Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz berkunjung ke ibu kota India. Gantz bertemu dengan mitranya, Rajnath Singh, serta dengan Perdana Menteri Narendra Modi, "dengan tujuan memperluas dan memperdalam kerja sama antar lembaga".

Beberapa pejabat senior Israel lainnya dari Direktorat Penelitian dan Pengembangan Pertahanan Kementerian Pertahanan, serta Biro Urusan Politik-Militer, serta perwakilan dari industri senjata Israel, menemaninya dalam perjalanan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Israel sangat mementingkan pasar senjata India sebagai pelanggan perangkat keras militer terbesar dan mungkin paling dapat diandalkan.

Menurut pemantau senjata, India adalah pembeli terbesar senjata buatan Israel, menghabiskan lebih dari $1 miliar per tahun.

India, sejak tahun 2017, juga menjadi mitra strategis dan salah satu produsen senjata Israel. Selama lima tahun terakhir, kedua negara telah melakukan latihan militer bersama dan menjadi tuan rumah pelatihan polisi dan tentara serta pertukaran kunjungan.

Namun tidak selalu seperti ini. Hingga tahun 1992, India tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

1. Memiliki Sejarah Panjang Saling Mendukung

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Foto/Reuters

Meskipun kesepakatan militer baru berkembang setelah hubungan diplomatik terjalin, kedua negara memang memiliki hubungan rahasia sebelum tahun 1992.

Melansir Middle East Eye, Israel memberi India senjata pada tahun 1962 dan kemudian pada tahun 1965 dalam perang melawan China dan Pakistan. Pada awal tahun 1970-an, kalangan militer India terkesan dan terpikat dengan teknologi Israel.

Setelah beberapa interaksi antara para pemimpin militer pada awal tahun 1990an, India setuju untuk menugaskan atase pertahanan ke Tel Aviv pada tahun 1995.

Pada tahun 1999, Israel memberikan bantuan mendesak kepada India dalam perangnya dengan Pakistan, sebuah langkah yang menjadikan Israel sebagai mitra militer yang dapat diandalkan.


2. Hubungan Mencair setelah Perang Dingin

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Foto/Reuters

Sejak berakhirnya Perang Dingin, India berupaya melakukan diversifikasi pemasok senjatanya.

Melansir Middle East Eye, Rusia tetap menjadi pemasok terbesarnya, sementara AS, Prancis, dan Inggris juga tetap menjadi pemasok utama. Namun hubungan India dengan Israellah yang paling menjanjikan.

Menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (Sipri), pengeluaran militer India pada tahun 2021 berjumlah USD76,6 miliar, tertinggi ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan Tiongkok. Antara tahun 2017-2021, India dan Arab Saudi merupakan importir senjata terbesar di dunia, masing-masing menyumbang 11 persen perdagangan global.

Meningkatnya permusuhan antara India dan Tiongkok juga menyebabkan terjadinya perlombaan senjata de facto antara kedua negara.

Pada tahun 2021, India dan China menyumbang sekitar 63 persen dari seluruh pengeluaran militer untuk kawasan Asia dan Oseania.

“Dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 tidak mengakhiri tren peningkatan belanja militer dunia yang terus berlanjut sejak tahun 2015,” kata Sipri pada bulan April.

3. India sebagai Tujuan Ekspor Senjata Israel

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Foto/Reuters

Antara tahun 1997 dan 2000, 15 persen dari seluruh ekspor senjata Israel dikirim ke India. Pada pertengahan tahun 2000-an, jumlah ini meningkat menjadi 27 persen, ketika India memperluas jangkauan pembeliannya, seperti peralatan pengawasan, drone, dan rudal permukaan-ke-udara. Antara tahun 2000 dan 2010, India menghabiskan sekitar $10 miliar untuk pembelian senjata Israel.

Melansir Middle East Eye, sejak Perdana Menteri Narendra Modi menjabat pada tahun 2014, sekitar 42,1 persen dari seluruh ekspor senjata dari Israel mendarat di India, dengan Azerbajiain (13,9 persen) dan Vietnam (8,5 persen) serta Amerika Serikat (6,2 persen) merupakan pelanggan utama lainnya. .

Menurut Sipri, pengiriman senjata ke India dari Israel meningkat sebesar 175 persen antara tahun 2015 dan 2019.

Sementara itu, ekspor senjata Israel meningkat 19 persen antara tahun 2012-2016 dan 2017-2021. Pengeluaran mereka untuk senjata meningkat sebesar 3,1 persen.

Namun hubungan militer lebih dari sekedar perangkat keras militer. Pada tahun 2019, setelah India sepenuhnya mencaplok Kashmir yang diduduki India, seorang diplomat senior India di AS menyarankan agar India meniru “model Israel” di wilayah tersebut, mengacu pada pemukiman Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki.

Pada tahun 2020, India dan Israel menandatangani perjanjian untuk memperluas kerja sama di bidang keamanan siber.

“Memperdalam kerja sama dengan India merupakan langkah penting lainnya dalam menghadapi ancaman siber global,” kata Yigal Unna, direktur jenderal Direktorat Siber Nasional Israel (INCD), pada saat itu.

Menurut The Hindu, keamanan siber "diidentifikasi sebagai bidang kerja sama yang penting selama kunjungan Modi ke Israel pada bulan Juli 2017".

Awal tahun ini, investigasi New York Times menuduh bahwa selama kunjungan Modi pada tahun 2017, India membeli perangkat lunak Pegasus yang digunakan untuk meretas akun pribadi sekitar 300 warga India, termasuk aktivis, jurnalis, dan pemimpin oposisi.

4. Senjata Apa Saja yang Dibeli India dari Israel?

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Foto/Reuters

Pembelian pertama yang dilakukan India dari Israel adalah dua kapal patroli cepat Super Dvora Mk II pada pertengahan tahun 1990an.

New Delhi segera mulai mengimpor peralatan pertahanan kelas atas, termasuk kendaraan udara tak berawak (UAV) Searcher dan Heron Israel serta drone bersenjata, sistem rudal, dan sensor serta sistem elektro-optik atau senjata serbu Tavor yang digunakan oleh Pasukan Khusus India di Kashmir yang diduduki India. .

Antara tahun 2014 dan 2021, India menerima peralatan radar pesawat tempur, UAV bersenjata, rudal anti-tank, rudal permukaan-ke-udara, dan perangkat keras lainnya dari Israel. Militer India dilaporkan memiliki 108 drone Searcher Israel dan 68 Heron 1 yang tidak bersenjata. Ia juga memiliki beberapa drone Harpy - juga dikenal sebagai drone serangan bunuh diri.

“Israel telah mempertahankan pendudukannya atas tanah Palestina selama lebih dari 70 tahun, di mana jutaan warga Palestina hidup di bawah kendali militer dan penangguhan hak-hak sipil mereka. Israel adalah negara apartheid dan kolonial pemukim, yang melakukan aktivitas ilegalnya tanpa mendapat hukuman karena adanya dukungan dari Israel. mereka menerimanya dari negara bagian dan perusahaan,” demikian laporan tahun 2020 yang diterbitkan oleh BDS India, bekerja sama dengan People's Dispatch dan Newsclick.

Ketika pandemi Covid-19 dimulai pada awal tahun 2020, pemerintahan Modi memesan 16.479 senapan mesin ringan Negev, yang memicu kemarahan di kalangan beberapa aktivis India.

Dalam “serangan bedah” baru-baru ini terhadap Pakistan pada tahun 2019, India menggunakan bom “Spice 2000” buatan Israel.

Tahun lalu, selama perselisihan dengan Tiongkok, India menyewa dan akhirnya membeli empat UAV Heron-TP Medium Altitude Long Endurance dari Israel Aircraft Industries (IAI).

5. Produksi Senjata Bersama

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Foto/Reuters

Selama beberapa dekade terakhir, India telah memprioritaskan modernisasi angkatan bersenjatanya dan memberikan penekanan signifikan pada kemandirian dalam produksi senjata, sejalan dengan rencana “Make in India” yang diusung Modi.

“Dalam upaya memperkuat industri senjata dalam negeri, 64 persen pengeluaran modal dalam anggaran militer India tahun 2021 dialokasikan untuk akuisisi senjata yang diproduksi di dalam negeri,” kata Sipri.

Sebagai bagian dari upaya ini, India telah bekerja sama dengan Israel dalam memproduksi senjata bersama.

Pada tahun 2017, Israel Weapons Industries dan perusahaan konstruksi India Punj Lloyd mendirikan pabrik senjata kecil swasta pertama di Malanpur, dengan nama Punj Lloyd Raksha Systems, atau PLR Systems.

Menurut PLR Systems, yang juga merupakan perusahaan patungan dengan Adani Group dan SK Group, pabrik tersebut memproduksi Tavor Assault Rifle, X95 Assault Rifle, Galil Sniper Rifle, Negev Light Machine Gun dan Uzi Sub Machine Gun yang digunakan oleh militer India, termasuk Pasukan Khusus India.

Kemudian pada tahun 2017, Kalyani Rafael Advanced Systems Ltd (KRAS), perusahaan patungan antara Kalyani Strategic Systems Ltd dari India dan Rafael Advanced Systems dari Israel, mulai memproduksi peluru kendali anti-tank Spike untuk tentara India.

Itu adalah perusahaan swasta pertama yang memproduksi rudal di India.

Pada tahun 2019, KRAS menerima pesanan sebesar $100 juta untuk memproduksi Barak-8, rudal permukaan-ke-udara jarak jauh, untuk angkatan laut India.

“Kami di Rafael bangga dengan peran kami – tidak hanya di KRAS – tetapi juga atas partisipasi kami dalam Make in India, dan hubungan kuat kami dengan talenta-talenta berbakat di industri pertahanan India,” kata Purnawirawan Brigadir Jenderal Pini Yungman dalam sebuah pernyataan.

Pada akhir tahun 2021, militer memesan drone Skystriker. Ini sekarang akan diproduksi dalam usaha patungan antara Elbit Systems Israel dan Alpha Design Technologies milik Adani milik India, di kota Bengaluru, India selatan.

“India ahli dalam hal-hal berskala besar, seperti pusat panggilan dan pengembangan perangkat lunak, namun Israel melakukan perangkat lunak paket. India melakukan penelitian bioteknologi secara back-office, namun Israel sebenarnya memiliki produk yang lebih banyak dipasarkan di pasar global dibandingkan India,” Richard Rossow, penasihat senior dan Ketua Wadhwani dalam Studi Kebijakan AS-India di CSIS, mengatakan kepada CNBC.

“Jadi bisa saja perusahaan-perusahaan Israel mencari basis produksi yang lebih besar, dan dalam hal ini India siap untuk melakukannya.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)