7 Wilayah di Jalur Gaza yang Telah Digempur Israel, Terbaru Ada Rafah

Selasa, 20 Februari 2024 - 17:01 WIB
loading...
7 Wilayah di Jalur Gaza yang Telah Digempur Israel, Terbaru Ada Rafah
Foto kombinasi citra satelit wilayah Rafah sebelum dan sesudah migrasi pengungsi Palestina ke daerah tersebut, di Rafah, Gaza, 15 Oktober 2023 (kiri) dan 14 Januari 2024. Foto/Planet Labs PBC/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Jalur Gaza telah menjadi tempat mengerikan untuk ditinggali. Di tengah serangan Israel yang semakin brutal, para penduduk di wilayah tersebut seakan tidak punya tempat untuk berlindung.

Sebagai informasi, Jalur Gaza terbagi atas beberapa wilayah yang berisikan kota-kota berbeda di dalamnya. Di tengah berlangsungnya perang antara Israel dan Hamas, kota-kota tersebut tak luput menjadi target untuk dihantam rezim Zionis.

Baru-baru ini, Rafah menjadi kota terbaru yang diserang Israel. Sebelum itu, kota-kota lain di Jalur Gaza lebih dulu menjadi korban. Berikut di antaranya yang bisa diketahui.

Wilayah di Jalur Gaza yang Digempur Israel

1. Khan Yunis


Khan Yunis menjadi salah satu kota terbesar di Jalur Gaza. Berada di bagian selatan Jalur Gaza, kota ini merupakan kawasan perkotaan paling besar kedua setelah Kota Gaza.

Pada konflik terbaru antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza, Khan Yunis juga tak luput menjadi sasaran penyerangan. Salah satu serangan terbesar yang dilakukan Tel Aviv menuju Khan Yunis dilakukan pada pertengahan Januari 2024 lalu.

Mengutip laporan Al Jazeera, per 22 Januari 2024 tercatat sudah ada 65 orang tewas di kota Khan Yunis yang sebelumnya dikepung pasukan Israel. Anehnya, Israel turut menjadikan rumah sakit sebagai target dengan dalih adanya keberadaan serdadu Hamas di dalamnya. Klaim ini disangkal Hamas.

2. Jabalia


Berikutnya ada Jabalia. Kota ini berada sekitar 4 kilometer di utara Kota Gaza. Di kota ini, terdapat salah satu kamp pengungsi yang menampung banyak warga Palestina.

Pada salah satu serangan brutal Desember 2023 lalu, Al Jazeera melaporkan setidaknya ada 90 orang tewas dan 100 lebih luka-luka dalam serangan Israel ke kamp pengungsi Jabalia.

Pihak berwenang menyebut serangan mengenai blok perumahan milik keluarga al-Barsh dan Alwan di Jabalia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)