4 Kisah Inspiratif antara Jimmy Carter, Anwar Saddat dan Menachem Begin Mewujudkan Perjanjian Camp David

Rabu, 14 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Menachem Begin lebih banyak terpapar langsung pada kekerasan brutal yang dilakukan pasukan pendudukan. Lahir pada tahun 1913, kampung halaman Begin di Brest, yang saat ini berada di Belarusia, diduduki oleh Angkatan Darat Jerman pada tahun 1941. Jerman segera menangkap semua orang Yahudi di kota tersebut untuk mendeportasi mereka ke kamp kematian. Ibu Begin, Hassia, sedang berada di rumah sakit saat itu. Nazi membunuhnya di tempat tidurnya. Ayahnya Zeev Dov terbunuh ketika tentara membebani dia dengan batu dan menenggelamkannya di Sungai Bug.

Pengalaman langsung ketidakberdayaan tersebut mendorong keduanya untuk berjuang demi perlindungan negaranya masing-masing – Sadat di Mesir dan Begin di Israel. Kedua pemimpin tersebut memandang konflik Timur Tengah yang dimulai dengan deklarasi kemerdekaan Israel pada tahun 1948 sebagai sebuah permainan zero-sum: keuntungan yang diperoleh suatu negara berarti kerugian bagi negara lain – dengan setiap keuntungan teritorial yang diperoleh Israel akan mengurangi wilayah negara-negara Arab dan sebaliknya.

Dan, pada umumnya, hal tersebut juga merupakan cara para pendahulu mereka memandang situasi ini. Selangkah demi selangkah, persaingan yang dimulai pada tahun 1948 berkembang menjadi permusuhan terbuka. Sebelum KTT Camp David, kedua negara telah berperang setidaknya dalam empat perang: Perang Arab-Israel tahun 1948-49, yang mengakibatkan berdirinya negara Israel; krisis Suez tahun 1956, Perang Enam Hari tahun 1967, dan terakhir, Perang Yom Kippur tahun 1973. Ini adalah siklus kekerasan yang ingin dipatahkan oleh Carter.

Telah ada pemulihan hubungan sebelum Camp David. Pada tanggal 9 November 1977, Sadat mengatakan kepada parlemen Mesir bahwa dia akan pergi ke ujung bumi, bahkan ke Knesset Israel, jika itu berarti menyelamatkan nyawa seorang tentara Mesir. Ketika Begin mengundangnya, Sadat menerima tawaran tersebut: Pada tanggal 20 November, ia berpidato di depan Knesset – yang membuat marah sebagian besar dunia Arab. Suriah, Irak, Libya dan Aljazair semuanya memutuskan hubungan diplomatik dengan Mesir. Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) juga mengkritik langkah Sadat.

3. Bersatu di Bawah Tekanan dari Luar

4 Kisah Inspiratif antara Jimmy Carter, Anwar Saddat dan Menachem Begin Mewujudkan Perjanjian Camp David

Foto/JIMMY CARTER LIBRARY

Meski mendapat kritik, kurang dari satu tahun kemudian Sadat dan Begin bertemu di Camp David. Keduanya menyadari fakta bahwa ada isu lain yang dipertaruhkan selain perdamaian: hubungan baik dengan AS. Kedua pemimpin tersebut menghadiri pertemuan tersebut dengan tekad untuk mengambil sikap keras, namun mereka juga tahu bahwa sikap tidak fleksibel dapat merusak hubungan mereka dengan Washington dalam jangka panjang.

Kesadaran bahwa logika zero-sum tidak lagi berlaku dan bahwa orang-orang harus mempertimbangkan tidak hanya sensitivitas Timur Tengah tetapi juga Amerika – dan bahwa keduanya berkaitan erat – akhirnya memaksakan masalah ini, dengan Begin dan Sadat akhirnya menyerang. kesepakatan.

Perjanjian Camp David mewajibkan kedua negara untuk mengakui satu sama lain sebagai negara berdaulat. Hal ini juga mengakhiri perang yang dimulai pada tahun 1948. Israel juga setuju untuk mengembalikan bagian terakhir Semenanjung Sinai yang berada di bawah kendalinya kepada Mesir.

Prinsip-prinsip lain juga ditetapkan: Hak-hak warga Palestina yang terlantar akibat pemukiman Israel yang didirikan di wilayah pendudukan harus diakui. Sebagai imbalannya, kapal-kapal Israel akan diberikan izin melintas tanpa hambatan melalui Terusan Suez, dan Selat Tiran serta Teluk Aqaba akan diakui sebagai perairan internasional, sehingga memberikan kebebasan melintas bagi kapal-kapal Israel.

4. Jadi Inspirasi Pemimpin Dunia yang Suka Perdamaian

4 Kisah Inspiratif antara Jimmy Carter, Anwar Saddat dan Menachem Begin Mewujudkan Perjanjian Camp David

Foto/JIMMY CARTER LIBRARY

“Dua pemimpin besar – yang penting bagi sejarah negara mereka – Presiden Anwar Sadat dan Perdana Menteri Menachem Begin telah menunjukkan keberanian, keuletan, dan inspirasi yang lebih besar dibandingkan pemimpin dan mesin mana pun di medan perang,” kata Carter, memuji hasil pertemuan puncak tersebut.

Namun, Sadat dan Begin mengalami kesulitan mendapatkan persetujuan atas perjanjian tersebut di dalam negeri meskipun keduanya dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1978. “Nasib bangsa ini tergantung pada keseimbangan,” gerutu Begin ketika Carter mengunjungi Israel pada bulan Maret 1979. Banyak warga Mesir yang melihat hal serupa – khususnya para ekstremis Islam. Anwar Sadat kemudian dibunuh oleh kelompok Islamis selama parade militer pada bulan Oktober 1981.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)