Semarak Imlek di Berbagai Sudut Dunia, Tradisi Unik 5 Negara

Rabu, 07 Februari 2024 - 11:50 WIB
loading...
A A A
Etnis Tionghoa di Malaysia juga saling mengunjungi rumah keluarga untuk mempererat tali persaudaraan.

Mereka pun bermain mahjong, permainan tradisional yang digemari saat Imlek. Tak lupa, mereka menonton pertunjukan opera Kanton, hiburan khas Tionghoa yang populer.

Kuliner khas saat Imlek di Malaysia adalah kue bakpia yang berisi kacang hijau, kue lapis yang melambangkan rejeki bertingkat.

Mereka pun menyantap Yee sang, salad ikan segar yang melambangkan kelimpahan dan rejeki, lalu menikmati Mi Panjang Umur yang melambangkan umur panjang dan kebahagiaan.

3. Vietnam


Di Vietnam, banh chung, kue beras lengket yang melambangkan persatuan keluarga, menjadi hidangan istimewa yang dinikmati bersama.

Mengunjungi makam leluhur untuk menghormati dan mengenang para leluhur dilakukan etnis Tionghoa di sana.

Semarak Imlek di Berbagai Sudut Dunia, Tradisi Unik 5 Negara


Mereka juga bermain kartu ceki, permainan tradisional yang digemari saat Imlek. Selain itu, menonton pertunjukan tarian naga wajib dilakukan karena melambangkan keberuntungan dan kekuatan.

Selain Banh chung (kue beras lengket) yang melambangkan persatuan keluarga dan rasa syukur kepada leluhur, mereka juga menikmati Banh tet (kue beras ketan) yang berisi daging babi dan kacang hijau.

Kuliner khas lainnya adalah Thit kho tau (daging babi rebus) yang melambangkan kemakmuran dan Mi Quang (mie khas Vietnam) yang melambangkan umur panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)