Kecewa Partai Buruh Dukung Israel di Gaza, Muslim Siap Guncang Politik Inggris

Kamis, 01 Februari 2024 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Perkembangan ini terjadi ketika salah satu anggota parlemen Partai Buruh, Menteri Kesehatan Bayangan Wes Streeting, menghadapi tantangan dari kandidat independen Inggris-Palestina Leanne Mohamad untuk kursinya di London timur, yang memiliki populasi Muslim sebesar 31,3%.

Streeting berulang kali menolak seruan gencatan senjata dan menegaskan hak Israel untuk membela diri.

Namun pada Selasa dia mengatakan kepada Andrew Marr dari LBC bahwa, “Inggris mempunyai tanggung jawab untuk mengakui negara Palestina dan perlu bekerja di sekitar pemerintah Israel karena mereka telah menunjukkan bahwa mereka bukan mitra perdamaian.”

Banyak orang di internet menafsirkan komentarnya sebagai bukti meningkatnya kekhawatiran Partai Buruh atas kehilangan pemilih Muslim.

Hal ini terjadi setelah Menteri Luar Negeri David Cameron mengatakan pada Selasa bahwa Inggris akan mempertimbangkan mengakui negara Palestina.

Posisi ini sangat kontras dengan komentar yang dibuat Pemimpin Partai Buruh Starmer pada tanggal 16 Januari, di mana dia membatalkan janji Partai Buruh untuk mengakui negara Palestina secara sepihak dan mengatakan hal tersebut hanya dapat dilakukan sebagai bagian dari solusi dua negara.

Di daerah pemilihan Tower Hamlets di London timur, pengacara Tasnime Akunjee mengumumkan bahwa dia berencana menentang anggota parlemen Partai Buruh Rushanara Ali, yang tidak memilih gencatan senjata di Parlemen.

Dukungan untuk Corbyn


Dukungan terhadap Partai Buruh terhadap Muslim turun secara signifikan pada tahun 2004 akibat perang Irak, dan meningkat lagi pada tahun 2015, ketika 64% umat Islam memilih Partai Buruh.

Dukungan Muslim terhadap partai tersebut mencapai lebih dari 80% dengan Jeremy Corbyn sebagai pemimpinnya.

Tidak jelas seberapa jauh penurunan dukungan Muslim pada Partai Buruh sejak dimulainya perang Gaza pada 7 Oktober.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)