Seberapa Kuat Paspor China?

Kamis, 01 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
Seberapa Kuat Paspor China?
China menjadi negara yang perkasa karena paspornya diterima di banyak negara. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - China , sejak membuka kembali perbatasannya pada tahun 2023 setelah tiga tahun melakukan isolasi mandiri karena COVID-19, telah menandatangani perjanjian bebas visa dengan negara-negara tertentu untuk mendorong perjalanan warganya, sebuah keuntungan bagi destinasi luar negeri merayu turis China.

Sebagai imbalannya, China akan menghapuskan persyaratan visa bagi warga negara dari beberapa negara termasuk Thailand, Malaysia dan Singapura selama 30 hari, meskipun China belum menerapkan kebijakan bebas visa bagi pengunjung jangka pendek asal Jepang di tengah ketegangan hubungan bilateral.

China bahkan secara sepihak mengizinkan masuk bebas visa bagi warga negara dari negara-negara seperti Jerman, Prancis, Spanyol, Belanda, dan Italia selama 15 hari. Kelima negara Eropa tersebut belum melakukan tindakan serupa terhadap warga China.

Seberapa Kuat Paspor China?

1. Mengandalkan Bebas Visa Bersama

Seberapa Kuat Paspor China?

Foto/Reuters

Melansir Reuters, China dan Thailand pada hari Minggu sepakat untuk secara permanen menghapuskan persyaratan visa bagi warga negara masing-masing, sebuah kesepakatan yang dicapai selama kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Thailand.

Rencana bersama ini, yang berlaku mulai tanggal 1 Maret, muncul setelah adanya perjanjian serupa antara China dan Singapura yang akan mulai berlaku pada tanggal 9 Februari, sehingga jumlah negara yang termasuk dalam kelompok pengabaian bersama menjadi 22 negara.

Sebagian besar negara yang memiliki perjanjian pembebasan visa bersama dengan China berada di Asia, termasuk Kazakhstan, Uni Emirat Arab, Qatar, Maladewa, dan Armenia.

Lima negara Eropa yang menyetujui keringanan visa bersama adalah Albania, Belarus, Bosnia dan Herzegovina, Serbia, dan San Marino.

Enam negara telah mendukung pengaturan tersebut di benua Amerika, termasuk Barbados, Bahama, Ekuador, Dominika, Grenada, dan Suriname.

Rezim bebas visa timbal balik juga berlaku untuk dua negara Afrika - Mauritius dan Seychelles - dan dua negara Oseania - Fiji dan Tonga.

China mengumumkan pada akhir November bahwa mereka akan menawarkan akses bebas visa kepada pemegang paspor Malaysia hingga 30 November 2024. Malaysia mengatakan beberapa hari kemudian bahwa pihaknya akan menghapuskan persyaratan visa bagi pemegang paspor China hingga 31 Desember 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)