Deretan 11 Negara di Timur Tengah yang Menampung Ribuan Tentara AS

Kamis, 25 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Namun, para pejabat AS baru-baru ini mengatakan Qatar mungkin terbuka untuk mempertimbangkan kembali kehadiran Hamas di negara itu setelah lebih dari 200 sandera yang ditangkap oleh kelompok militan Palestina dibebaskan.

6. Arab Saudi

Melansir Axios, pada bulan Desember 2022, terdapat lebih dari 2.700 tentara AS yang ditempatkan di Arab Saudi untuk melatih, memberi nasihat, dan membantu angkatan bersenjatanya serta untuk melindungi kepentingan AS di kawasan tersebut dari Iran dan proksinya.

Para prajurit di sana memelihara sistem pertahanan udara dan rudal serta mendukung pengoperasian pesawat militer.

Pemerintahan Biden pada tahun 2021 mengakhiri dukungan AS terhadap operasi ofensif Arab Saudi terhadap pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman dan didukung Iran, meskipun AS masih memberikan dukungan defensif.

7. Bahrain

Deretan 11 Negara di Timur Tengah yang Menampung Ribuan Tentara AS

Foto/Reuters

Pada tahun 2022, terdapat lebih dari 9.000 personel militer AS yang ditugaskan di NSA Bahrain, pangkalan angkatan laut AS yang merupakan markas Komando Pusat Angkatan Laut AS dan Armada Kelima AS.

Bahrain juga telah ditunjuk sebagai sekutu utama non-NATO, sehingga memungkinkannya membeli senjata tertentu dan melakukan penelitian pertahanan dengan AS.

8. Kuwait

Deretan 11 Negara di Timur Tengah yang Menampung Ribuan Tentara AS

Foto/Reuters

Ribuan pasukan AS telah ditempatkan di Kuwait sejak tahun 1991 ketika koalisi multinasional yang dipimpin oleh AS mengusir pasukan Irak dari negara tersebut sebagai bagian dari Perang Teluk pertama.

Negara ini juga menjadi basis logistik utama bagi pasukan AS dan koalisi selama Perang Irak.

Pada tahun 2021, terdapat 13.500 personel AS dan ribuan peralatan di Kuwait, terutama di Kamp Arifjan dan Pangkalan Udara Ali al-Salem.

9. Uni Emirat Arab

UEA telah menjadi sekutu utama AS di Timur Tengah selama bertahun-tahun, menampung hingga 3.500 personel AS.

Mereka terutama bermarkas di Pangkalan Udara Al Dhafra, yang merupakan lokasi Gulf Air Warfare Center – pusat pelatihan pertahanan udara dan rudal regional yang dioperasikan bersama oleh UEA dan A.S.

Pelabuhan-pelabuhan di negara ini juga penting bagi Angkatan Laut AS, karena pelabuhan-pelabuhan tersebut secara kolektif menampung lebih banyak kapal dibandingkan pelabuhan lain di luar AS.

10. Oman

Deretan 11 Negara di Timur Tengah yang Menampung Ribuan Tentara AS

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)