Deretan 11 Negara di Timur Tengah yang Menampung Ribuan Tentara AS

Kamis, 25 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Sekitar 100 dari mereka mendukung Tentara Pembebasan Suriah, sebuah koalisi milisi oposisi dalam perang saudara Suriah yang sedang berlangsung.

3. Israel

Deretan 11 Negara di Timur Tengah yang Menampung Ribuan Tentara AS

Foto/Reuters

Tidak jelas berapa banyak tentara AS yang bermarkas di Israel, namun AS memiliki setidaknya satu pangkalan militer di negara tersebut.

Pangkalan rahasia tersebut, yang diberi nama kode “Site 512,” diyakini memiliki sistem pengawasan radar yang dapat mendeteksi dan melacak ancaman rudal balistik terhadap AS.

4. Yordania

Meskipun kehadiran militer AS merupakan isu domestik yang sensitif dalam politik Yordania, terdapat sekitar 2.900 personel di sana pada Juni 2023 atas permintaan pemerintah Yordania.

Mereka dikerahkan di sana untuk mendukung operasi Yordania melawan ISIS, untuk meningkatkan keamanannya dan untuk meningkatkan stabilitas regional.

Pangkalan udara Yordania, khususnya, penting bagi misi intelijen AS di Suriah dan Irak.

5. Qatar

Deretan 11 Negara di Timur Tengah yang Menampung Ribuan Tentara AS

Foto/Reuters

Sebagai sekutu utama non-NATO lainnya, Qatar sangat penting bagi AS. strategi militer di wilayah tersebut.

Setidaknya 8.000 tentara AS dikerahkan ke Pangkalan Udara Al Udeid di barat daya Doha, yang menjadi lokasi markas besar regional Komando Pusat AS.

Pangkalan udaranya adalah AS. instalasi militer terbesar di Timur Tengah, meskipun juga menampung angkatan udara Qatar dan angkatan udara dari negara lain, termasuk Inggris.

Qatar juga mengizinkan kantor politik Hamas beroperasi di Doha selama lebih dari satu dekade. Gedung ini menampung beberapa pejabat tinggi Hamas, termasuk pemimpin tertinggi organisasi tersebut, Ismail Haniyeh.

Qatar telah banyak dikritik karena menjadi tuan rumah kantor tersebut, namun Qatar menyatakan bahwa hal tersebut memungkinkan Qatar untuk memediasi hubungan dengan Hamas dan negara-negara Barat dan dapat membantu mendorong perdamaian Israel-Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)