Putus Asa Gagal Bunuh Pemimpin Hamas, Tentara Israel Kepung Khan Younis di Gaza

Rabu, 24 Januari 2024 - 18:42 WIB
loading...
A A A
"Situasinya masih sangat berbahaya. Pagi tadi, terjadi penembakan artileri langsung ke markas Bulan Sabit Merah Palestina di lantai empat. Drone Israel tidak berhenti menembaki orang-orang di Rumah Sakit al-Amal," kata juru bicara Nebal Farsakh kepada BBC dari Ramallah .

“[Ada] kepanikan dan ketakutan di antara ribuan pengungsi yang berlindung di dalam fasilitas kami.”

Belum ada komentar langsung dari IDF, namun sebelumnya mereka menuduh pejuang Hamas menempatkan diri mereka di tengah-tengah penduduk sipil dan beroperasi di dalam dan sekitar fasilitas medis.

Ms Farsakh juga mengatakan ambulans "menghadapi tantangan yang signifikan untuk menjangkau orang-orang yang terluka dan membawa mereka ke rumah sakit", dan menambahkan bahwa mereka sekarang diminta untuk membawa kasus-kasus kritis ke Deir al-Balah, di Gaza tengah.

Dan dia memperingatkan bahwa Al-Amal dan Kompleks Medis Nasser di dekatnya – yang terbesar dari 14 rumah sakit yang masih beroperasi sebagian di Gaza – “kewalahan dan penuh sesak".

Haytham Ahmad, yang bekerja di unit gawat darurat Nasser, mengatakan kepada BBC bahwa beberapa amputasi dilakukan, dan dalam beberapa kasus, pasien tidak diberikan obat bius karena kekurangan persediaan.

“Kasus-kasus ini mengalami luka parah dan hanya ada sebagian kulit dan otot yang masih terhubung. Kami mencoba menggunakan anestesi terbatas dalam situasi ini,” katanya.

Juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan Nasser sekarang pada dasarnya terkepung dan tidak ada jalan masuk dan keluar bagi 400 pasiennya, serta staf medis yang merawat mereka dan membuat warga sipil mengungsi.

Kementerian Kesehatan Gaza menuduh pasukan Israel telah melepaskan tembakan besar-besaran ke lantai atas gedung bedah khusus dan gedung darurat rumah sakit.

Satu video yang direkam oleh seorang jurnalis Palestina menunjukkan tembakan menghantam sudut barat rumah sakit, sementara di klip lain terlihat asap membubung dari suatu daerah di selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)