Putus Asa Gagal Bunuh Pemimpin Hamas, Tentara Israel Kepung Khan Younis di Gaza

Rabu, 24 Januari 2024 - 18:42 WIB
loading...
Putus Asa Gagal Bunuh Pemimpin Hamas, Tentara Israel Kepung Khan Younis di Gaza
Tentara Israel mengepung Khan Younis di Gaza karena gagal membunuh para pemimpin Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Militer Israel mengatakan pasukan daratnya telah mengepung Khan Younis, kota terbesar di Jalur Gaza bagian selatan. Itu dikarenakan tentara Israel sudah putus asa karena gagal membunuh para pemimpin Hamas.

Pasukan Israel juga dilaporkan telah maju lebih jauh ke bagian lain kota, di mana mereka yakin para pemimpin Hamas bersembunyi di terowongan dengan sandera.

Melansir BBC, warga mengatakan tank-tank telah menutup jalan terakhir keluar kota menuju pantai Mediterania, sehingga secara efektif menghentikan mereka untuk melarikan diri ke arah selatan.

Terjadi juga pertempuran sengit di sekitar dua rumah sakit utama kota tersebut.

Peristiwa ini terjadi ketika pemakaman 24 tentara Israel yang tewas pada hari Senin dilakukan pada hari paling mematikan bagi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sejak dimulainya serangan darat di Gaza 12 minggu lalu.

Setidaknya 195 warga Palestina juga terbunuh di Gaza selama 24 jam sebelumnya, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di wilayah tersebut.

Kementerian mengatakan lebih dari 25.400 orang tewas – sebagian besar anak-anak dan perempuan – selama perang antara Hamas dan Israel.

Hal ini dipicu oleh serangan lintas batas yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok bersenjata Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.300 orang – sebagian besar warga sipil – dan sekitar 250 lainnya disandera.

Pasukan darat Israel memperluas operasi mereka ke Gaza selatan pada awal Desember, setelah sebagian besar menguasai benteng Hamas di utara.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)