Putus Asa Gagal Bunuh Pemimpin Hamas, Tentara Israel Kepung Khan Younis di Gaza

Rabu, 24 Januari 2024 - 18:42 WIB
loading...
Putus Asa Gagal Bunuh Pemimpin Hamas, Tentara Israel Kepung Khan Younis di Gaza
Tentara Israel mengepung Khan Younis di Gaza karena gagal membunuh para pemimpin Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Militer Israel mengatakan pasukan daratnya telah mengepung Khan Younis, kota terbesar di Jalur Gaza bagian selatan. Itu dikarenakan tentara Israel sudah putus asa karena gagal membunuh para pemimpin Hamas.

Pasukan Israel juga dilaporkan telah maju lebih jauh ke bagian lain kota, di mana mereka yakin para pemimpin Hamas bersembunyi di terowongan dengan sandera.

Melansir BBC, warga mengatakan tank-tank telah menutup jalan terakhir keluar kota menuju pantai Mediterania, sehingga secara efektif menghentikan mereka untuk melarikan diri ke arah selatan.

Terjadi juga pertempuran sengit di sekitar dua rumah sakit utama kota tersebut.

Peristiwa ini terjadi ketika pemakaman 24 tentara Israel yang tewas pada hari Senin dilakukan pada hari paling mematikan bagi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sejak dimulainya serangan darat di Gaza 12 minggu lalu.

Setidaknya 195 warga Palestina juga terbunuh di Gaza selama 24 jam sebelumnya, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di wilayah tersebut.

Kementerian mengatakan lebih dari 25.400 orang tewas – sebagian besar anak-anak dan perempuan – selama perang antara Hamas dan Israel.

Hal ini dipicu oleh serangan lintas batas yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok bersenjata Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.300 orang – sebagian besar warga sipil – dan sekitar 250 lainnya disandera.

Pasukan darat Israel memperluas operasi mereka ke Gaza selatan pada awal Desember, setelah sebagian besar menguasai benteng Hamas di utara.



Dalam beberapa hari mereka dikatakan telah mencapai "jantung" Khan Younis, tempat ratusan ribu orang yang melarikan diri dari wilayah utara berlindung.

Namun pasukan tersebut menghadapi perlawanan sengit dari Brigade Khan Younis pimpinan Hamas. Kelompok ini dianggap sebagai salah satu dari dua kelompok terkuat di kelompok tersebut, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Israel, Inggris, dan negara-negara lain.

Operasi Israel telah diperluas dan diintensifkan dalam beberapa hari terakhir, dengan puluhan orang dilaporkan tewas dalam serangan udara dan artileri pada hari Senin saja ketika tank-tank bergerak ke arah barat dan pusat kota.

Pada hari Selasa, IDF mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa selama beberapa hari terakhir pasukannya telah "melakukan operasi besar-besaran di mana mereka mengepung Khan Yunis dan memperdalam operasi di daerah tersebut".

"Pasukan tersebut terlibat dalam pertempuran jarak dekat, mengarahkan serangan [udara], dan menggunakan intelijen untuk mengoordinasikan tembakan, sehingga berhasil memusnahkan puluhan pejuang,” demikian keterangan IDF.

IDF juga memerintahkan penduduk Khan Younis bagian barat untuk segera pindah ke daerah al-Mawasi, di pantai Mediterania, demi keselamatan mereka sendiri.

Namun, beberapa saksi mata mengatakan tank-tank tersebut telah memblokir jalan menuju ke sana, mencegah mereka bergabung dengan sekitar jutaan orang yang saat ini berlindung di selatan Rafah, di perbatasan dengan Mesir.

“Saya mencoba berangkat ke Rafah namun tank-tank tersebut kini berada sangat dekat dengan pantai dan menembak ke arah barat,” ujar Shaban, seorang insinyur listrik dengan empat anak, mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan mereka sangat prihatin dengan laporan serangan terhadap rumah sakit di Khan Younis.

Pada hari Selasa, Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengatakan seorang warga sipil telah terbunuh oleh pesawat tak berawak Israel di pintu masuk Rumah Sakit Al-Amal, yang dikelolanya, dan yang lainnya terluka ketika peluru menghantam markas besarnya di dekatnya.

"Situasinya masih sangat berbahaya. Pagi tadi, terjadi penembakan artileri langsung ke markas Bulan Sabit Merah Palestina di lantai empat. Drone Israel tidak berhenti menembaki orang-orang di Rumah Sakit al-Amal," kata juru bicara Nebal Farsakh kepada BBC dari Ramallah .

“[Ada] kepanikan dan ketakutan di antara ribuan pengungsi yang berlindung di dalam fasilitas kami.”

Belum ada komentar langsung dari IDF, namun sebelumnya mereka menuduh pejuang Hamas menempatkan diri mereka di tengah-tengah penduduk sipil dan beroperasi di dalam dan sekitar fasilitas medis.

Ms Farsakh juga mengatakan ambulans "menghadapi tantangan yang signifikan untuk menjangkau orang-orang yang terluka dan membawa mereka ke rumah sakit", dan menambahkan bahwa mereka sekarang diminta untuk membawa kasus-kasus kritis ke Deir al-Balah, di Gaza tengah.

Dan dia memperingatkan bahwa Al-Amal dan Kompleks Medis Nasser di dekatnya – yang terbesar dari 14 rumah sakit yang masih beroperasi sebagian di Gaza – “kewalahan dan penuh sesak".

Haytham Ahmad, yang bekerja di unit gawat darurat Nasser, mengatakan kepada BBC bahwa beberapa amputasi dilakukan, dan dalam beberapa kasus, pasien tidak diberikan obat bius karena kekurangan persediaan.

“Kasus-kasus ini mengalami luka parah dan hanya ada sebagian kulit dan otot yang masih terhubung. Kami mencoba menggunakan anestesi terbatas dalam situasi ini,” katanya.

Juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan Nasser sekarang pada dasarnya terkepung dan tidak ada jalan masuk dan keluar bagi 400 pasiennya, serta staf medis yang merawat mereka dan membuat warga sipil mengungsi.

Kementerian Kesehatan Gaza menuduh pasukan Israel telah melepaskan tembakan besar-besaran ke lantai atas gedung bedah khusus dan gedung darurat rumah sakit.

Satu video yang direkam oleh seorang jurnalis Palestina menunjukkan tembakan menghantam sudut barat rumah sakit, sementara di klip lain terlihat asap membubung dari suatu daerah di selatan.



IDF mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka “tidak mengetahui kejadian tersebut”.

Belakangan, Sekretaris Jenderal PBB AntĂłnio Guterres mengatakan situasi kemanusiaan di Gaza "mengerikan" dan seluruh penduduknya "mengalami kehancuran dengan skala dan kecepatan yang tiada bandingannya dalam sejarah saat ini".

Dia juga sekali lagi menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan mereka "terlibat dalam diskusi serius dengan kedua belah pihak" mengenai kemungkinan kesepakatan, dan seorang pejabat Palestina mengatakan kepada BBC bahwa delegasi Hamas telah tiba di Kairo pada Selasa pagi untuk "membahas proposal baru" dengan menteri intelijen Mesir.

Israel tidak membantah bahwa mereka telah mengusulkan gencatan senjata selama dua bulan, yang melibatkan pembebasan sandera dan tahanan Palestina. Namun ada laporan yang ditolak oleh Hamas, yang menuntut gencatan senjata permanen.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)