100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?

Minggu, 21 Januari 2024 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Dan di Antartika, di Kutub yang Tidak Dapat Diaksesibilitas, masih ada patung Lenin di luar stasiun penelitian Soviet yang sudah tidak berfungsi - sekarang sebagian besar terkubur di salju.

3. Kremlin Butuh Stalin

100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?

Foto/Reuters

Melansir Channel News Asia, dari semua pemimpin Soviet, Stalinlah yang paling sering dirujuk oleh pemimpin Kremlin tersebut - bukan untuk mengecam rekam jejak penindasannya yang mengerikan, namun untuk memuji negarawan dan pemimpin masa perang yang mengalahkan Jerman di bawah pemerintahan Adolf Hitler.

Putin selalu berusaha untuk membingkai kampanye militernya melawan Ukraina melalui kacamata Perang Dunia II, membandingkan pemerintah Ukraina dengan Nazi dan menampilkan konflik tersebut sebagai perjuangan eksistensial untuk kelangsungan hidup Rusia.

Bagi Kremlin, Stalin tetap menjadi model kemenangan dan kekuasaan, sedangkan Lenin adalah pecundang.

“Kepemimpinan saat ini membutuhkan Stalin karena dia adalah penjahat sekaligus pahlawan,” kata Alexei Levinson, sosiolog di lembaga independen Levada, kepada AFP.

“Dia memenangkan perang, jadi semua kekejamannya terhapus,” katanya.

Sebaliknya, prestasi Lenin tidak tercapai atau tidak pernah terwujud, jelasnya.

"Lenin adalah pemimpin revolusi dunia - hal itu tidak pernah terjadi. Lenin adalah pemimpin proletariat dunia - hal itu tidak ada. Lenin adalah pencipta negara sosialis - tidak ada lagi," katanya.

“Dan tidak ada lagi yang mau membangunnya.”'

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)