100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?

Minggu, 21 Januari 2024 - 20:02 WIB
loading...
100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?
Legasi Vladimir Lenin makin diabaikan di Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Selama hampir satu abad setelah kematiannya, jenazah Vladimir Lenin yang diawetkan dengan hati-hati dibaringkan di sebuah mausoleum yang dibangun khusus di Lapangan Merah – sebuah pengingat akan masa lalu komunis Rusia .

Namun bapak revolusi Bolshevik tahun 1917 yang mendirikan Uni Soviet – dan peringatan 100 tahun wafatnya – sebagian besar diabaikan oleh masyarakat awam Rusia.

Hanya sedikit acara resmi yang dijadwalkan untuk memperingati ulang tahun keseratus pada Minggu (22/1/2024), selain upacara Partai Komunis di makamnya di bawah bayang-bayang Kremlin.

Bagi Presiden Vladimir Putin, yang secara terbuka mencaci-maki Lenin atas perannya dalam membagi Kekaisaran Rusia menjadi negara-negara seperti Ukraina, hal ini merupakan sebuah kemudahan.

Putin, yang kini terperosok dalam serangan selama hampir dua tahun terhadap Kyiv, malah membela Joseph Stalin – orang yang memimpin Uni Soviet menuju kemenangan dalam Perang Dunia II, dan yang menyingkirkan semua lawan politiknya dalam teror selama bertahun-tahun.

100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?

1. Hanya Jadi Objek Wisata

100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?

Foto/Reuters

Melansir Channel News Asia, ketika Vladimir Ilyich Ulyanov (Lenin) meninggal pada tanggal 21 Januari 1924, otoritas Soviet atas perintah Stalin mulai membalsem tubuhnya dan membangun sebuah mausoleum.

Kuil batu berpelitur merah dan hitam ini berdiri di jantung Lapangan Merah sejak Oktober 1930, dan sempat menjadi tempat tinggal jenazah Stalin hingga tahun 1961.

Kerumunan besar orang mengantri untuk memberikan penghormatan kepada Lenin pada masa Soviet, namun saat ini, upacara untuk menghormati sang revolusioner kebanyakan dihadiri oleh mereka yang merindukan era komunis, dengan membawa bendera dan anyelir merah di tangan.

Tubuhnya yang dibalsem terutama menjadi daya tarik wisata. Setiap 18 bulan sekali, mausoleum ditutup untuk memungkinkan para ilmuwan membalsem kembali tubuhnya dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh waktu.

"Hanya 23 persen jenazah Lenin yang masih utuh, ditempatkan di sarkofagus kaca dengan suhu konstan 16 derajat Celsius," demikian laporan kantor berita TASS.

Sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, perdebatan tentang apakah akan menutup mausoleum dan menguburkan jenazahnya sering muncul di media Rusia.

Namun usulan tersebut mendapat perlawanan sengit dari pihak komunis dan tidak pernah dipertimbangkan secara serius oleh pihak berwenang.

2. Diabadikan oleh Putin

100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?

Foto/Reuters

Melansir Channel News Asia, Putin jarang menyebut nama Lenin. Jadi serangannya terhadap penghasut Revolusi Oktober, beberapa hari sebelum memerintahkan pasukannya masuk ke Ukraina pada 24 Februari 2022, sangatlah penting.

Dalam pidato pedasnya yang mempertanyakan status kenegaraan Ukraina tiga hari sebelum serangan itu, pemimpin Kremlin menuduh Lenin telah "menciptakan" Ukraina ketika ia mendirikan Uni Republik Sosialis Soviet (USSR).

Dengan memberikan otonomi pada republik-republik Soviet, menurut Putin, Lenin membiarkan munculnya nasionalisme dan akhirnya runtuhnya Uni Soviet.

“Karena kebijakan Bolshevik maka Ukraina Soviet terbentuk, dan sangat dibenarkan jika kita menyebut Ukrainanya Lenin,” kata Putin dengan marah.

“Dia penemunya, arsiteknya,” lanjutnya.

“Dan sekarang,” kata Putin, “keturunan yang bersyukur telah merobohkan monumen Lenin di Ukraina.”

Namun Lenin belum sepenuhnya terhapus. Kemiripannya masih mendominasi banyak pusat kota di Rusia, meski sebagian besar patung telah disingkirkan saat Uni Soviet runtuh.

Di Moskow, monumen Lenin setinggi 22 meter masih menjulang di Lapangan Kaluga. Di Ulan-Ude, di Siberia Timur, seorang pemimpin revolusioner berdiri di atas alas setinggi 14 meter.

Dan di Antartika, di Kutub yang Tidak Dapat Diaksesibilitas, masih ada patung Lenin di luar stasiun penelitian Soviet yang sudah tidak berfungsi - sekarang sebagian besar terkubur di salju.

3. Kremlin Butuh Stalin

100 Tahun setelah Kematian Vladimir Lenin, Apakah Warga Rusia Mengabaikan Legasinya?

Foto/Reuters

Melansir Channel News Asia, dari semua pemimpin Soviet, Stalinlah yang paling sering dirujuk oleh pemimpin Kremlin tersebut - bukan untuk mengecam rekam jejak penindasannya yang mengerikan, namun untuk memuji negarawan dan pemimpin masa perang yang mengalahkan Jerman di bawah pemerintahan Adolf Hitler.

Putin selalu berusaha untuk membingkai kampanye militernya melawan Ukraina melalui kacamata Perang Dunia II, membandingkan pemerintah Ukraina dengan Nazi dan menampilkan konflik tersebut sebagai perjuangan eksistensial untuk kelangsungan hidup Rusia.

Bagi Kremlin, Stalin tetap menjadi model kemenangan dan kekuasaan, sedangkan Lenin adalah pecundang.

“Kepemimpinan saat ini membutuhkan Stalin karena dia adalah penjahat sekaligus pahlawan,” kata Alexei Levinson, sosiolog di lembaga independen Levada, kepada AFP.

“Dia memenangkan perang, jadi semua kekejamannya terhapus,” katanya.

Sebaliknya, prestasi Lenin tidak tercapai atau tidak pernah terwujud, jelasnya.

"Lenin adalah pemimpin revolusi dunia - hal itu tidak pernah terjadi. Lenin adalah pemimpin proletariat dunia - hal itu tidak ada. Lenin adalah pencipta negara sosialis - tidak ada lagi," katanya.

“Dan tidak ada lagi yang mau membangunnya.”'

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)