Israel Bunuh Bos Mata-mata dan 3 Personel IRGC di Suriah, Ini Respons Iran

Minggu, 21 Januari 2024 - 07:18 WIB
loading...
Israel Bunuh Bos Mata-mata dan 3 Personel IRGC di Suriah, Ini Respons Iran
Serangan Israel di Damaskus, Suriah, menewaskan kepala mata-mata IRGC Iran dan tiga personel IRGC lainnya. Teheran menyatakan berhak balas dendam. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Serangan Israel di Damaskus, Suriah, telah menewaskan kepala mata-mata Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan tiga anggota Garda lainnya pada hari Sabtu. Teheran menyatakan berhak untuk balas dendam.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia—kelompok yang memantau perang Suriah—mengatakan 10 orang tewas dalam serangan Israel di lingkungan Mazzeh, Damaskus, tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, Israel dituduh mengintensifkan serangan terhadap tokoh senior Iran dan sekutunya di Suriah dan Lebanon—pendukung kelompok Hamas—, meningkatkan kekhawatiran konflik Gaza dapat meluas.

“Kepala intelijen Garda Revolusi [untuk] Suriah, wakilnya dan dua anggota Garda lainnya menjadi martir dalam serangan terhadap Suriah oleh Israel,” tulis kantor berita Mehr, mengutip sebuah sumber informasi Iran.



Dalam sebuah pernyataan, IRGC mengonfirmasi bahwa mereka kehilangan empat anggotanya dalam serangan yang mereka sebut dilakukan oleh Israel, musuh bebuyutan regionalnya.

Kantor berita Sepah yang terkait dengan IRGC melaporkan : “Rezim Zionis (Israel) yang jahat dan kriminal membunuh empat penasihat militer. Mereka diidentifikasi sebagai Hojatollah Omidvar, Ali Aghazadeh, Hossein Mohammadi dan Saeed Karimi.

Kementerian Luar Negeri Iran mengutuk serangan itu sebagai upaya putus asa rezim Zionis Israel untuk menyebarkan ketidakstabilan di kawasan.

“Iran mempunyai hak untuk menanggapi terorisme terorganisir dari rezim Zionis palsu pada waktu dan tempat yang tepat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanaani seperti dikutip dari AFP, Minggu (21/1/2024).

Dia juga mendesak negara-negara asing dan organisasi internasional untuk mengutuk serangan Israel tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)